Bersihkan Jalan Setiap Hari, Pria Ini Tak Berharap Imbalan

Muhamad Sabri, telisik indonesia
Kamis, 14 April 2022
0 dilihat
Bersihkan Jalan Setiap Hari, Pria Ini Tak Berharap Imbalan
Basir saat membersihkan jalanan di Desa Barasanga Konut. Foto: Muhammad Sabri/Telisik

" Meski Basir tidak mengharapkan imbalan, beberapa pengendara yang simpati terhadapnya tetap memberikan beberapa lembar uang, pakaian atau makanan "

KONAWE UTARA, TELISIK.ID - Basir (55), warga Desa Barasanga, Kecamatan Wawolesea, Konawe Utara (Konut), setiap hari menyapu jalan hingga krikil dan debu tak terlihat di jalanan.

Basir bukanlah petugas penyapu jalan Dinas Kebersihan. Dia selalu membawa sapu lidi dan alat lainnya untuk membersihkan jalan dari krikil dan debu setiap hari tanpa mengharapkan imbalan dari pengguna jalan atau pemerintah.

Saat ditemui di pinggir jalan, Basir yang tidak memakai baju dan hanya bercelana pendek selutut mengatakan, setiap pagi ia sudah berada di pinggir jalan untuk bersiap membersihkan krikil atau tanah yang berserakan di jalanan.

Baca Juga: Masyarakat Desa Lalombonda Sudah Terima BLT-DD Periode Januari, Februari dan Maret 2022

"Tiap pagi hari saya sapu jalan ini tanpa minta imbalan ke siapa-siapa," ungkap Basir dengan wajah kelelahan.

Di tengah teriknya matahari di bulan suci Ramadan, lelaki berkumis itu tetap melakukan rutinitasnya membersihkan jalanan sambil menahan haus dan laparnya berpuasa. Semua itu dia lakukan dengan ikhlas tanpa pamrih.

Alfin, warga Desa Tanjung Bunga membeberkan, sudah bertahun-tahun Basir membersihkan jalan tanpa imbalan apapun.

Baca Juga: SAR Baubau Selamatkan Kapal di Perairan Siompu

"Sudah bertahun-tahun lamanya ia selalu membersihkan jalan, dilakukannya setiap hari dari pagi sampai sore tanpa mengharap imbalan sepeserpun," beber Alfin.

Meski Basir tidak mengharapkan imbalan, beberapa pengendara yang simpati terhadapnya tetap memberikan beberapa lembar uang, pakaian atau makanan. (B)

Reporter: Muhamad Sabri

Editor: Haerani Hambali

Artikel Terkait
Baca Juga