Bertemu PM Slovenia, Jokowi Soroti Perlakuan Diskriminatif Uni Eropa Terhadap Kelapa Sawit Indonesia

Marwan Azis, telisik indonesia
Rabu, 03 November 2021
0 dilihat
Bertemu PM Slovenia, Jokowi Soroti Perlakuan Diskriminatif Uni Eropa Terhadap Kelapa Sawit Indonesia
Presiden Joko Widodo ketika pertemuan bilateral dengan PM Slovenia Janez Jansa, di ruang tunggu utama, Scottish Event Campus, Glasgow, Skotlandia. Foto: Setpres

" Indonesia memiliki potensi ekonomi yang besar, sehingga penting bagi Uni Eropa memberikan perhatian lebih besar kepada Indonesia,” ucap PM Janez Jansa seperti dikutip dari rilis yang dishare pihak sekretariat presiden "

GLASGOW, TELISIK.ID - Di sela-sela pertemuan UNFCC COP26 di Glasgow, Skotlandia, Presiden Jokowi mengadakan pertemuan bilateral dengan sejumlah pemimpin negara, salah satu di antaranya dengan Perdana Menteri (PM) Slovenia Janez Jansa.

Presiden Jokowi menyampaikan apresiasi kepada PM Slovenia atas komitmennya untuk terus memperkuat hubungan Indonesia-Slovenia dan Indonesia-Uni Eropa (UE).

Presiden juga menyampaikan bahwa upaya memperkuat kerja sama Indonesia-UE ini telah dibahas dengan Prancis sebagai pemegang presidensi UE berikutnya dan juga dengan Presiden Dewan Eropa.

PM Janez Jansa menyampaikan bahwa Slovenia memberikan perhatian besar terhadap Indonesia.

“Indonesia memiliki potensi ekonomi yang besar, sehingga penting bagi Uni Eropa memberikan perhatian lebih besar kepada Indonesia,” ucap PM Janez Jansa seperti dikutip dari rilis yang dishare pihak sekretariat presiden, Rabu (3/11/2021).

Baca Juga: Presiden Jokowi Ketemu Biden, Ini Topik Dibahas

Baca Juga: Krisis Makin Parah, Orang Tua di Afghanistan Jual Anak Perempuannya

Dalam kesempatan tersebut, Presiden Jokowi mengharapkan agar Slovenia mendorong finalisasi perundingan Indonesia – EU Comprehensive Economic Partnership Agreement.

Selain itu, Presiden Jokowi juga menyampaikan terkait isu lingkungan hidup.

“Terkait dengan kerja sama lingkungan hidup, saya menyayangkan masih ada perlakuan diskriminatif oleh Uni Eropa terhadap kelapa sawit berkelanjutan Indonesia,” kata Jokowi. (C)

Reporter: Marwan Azis

Editor: Haerani Hambali

Baca Juga