Bertemu Wakil PM Singapura, Ma'ruf Amin Bahas Penguatan Kerja Sama Termasuk Ekonomi Syariah

Marwan Azis, telisik indonesia
Selasa, 18 Oktober 2022
0 dilihat
Bertemu Wakil PM Singapura, Ma'ruf Amin Bahas Penguatan Kerja Sama Termasuk Ekonomi Syariah
Wapres Ma’ruf Amin ketika bertemu dengan Wakil PM Singapura Lawrence Wong, di Parliament of Singapore, Selasa (18/10/2022). Foto : Setwapres.

" Wakil Presiden (Wapres), Ma’ruf Amin bertemu Wakil Perdana Menteri (PM) Singapura, Lawrence Wong, di Parliament of Singapore, Singapura "

JAKARTA, TELISIK.ID - Wakil Presiden (Wapres), Ma’ruf Amin bertemu Wakil Perdana Menteri (PM) Singapura, Lawrence Wong, di Parliament of Singapore, Singapura, Selasa (18/10/2022).

Mereka membahas mengenai kerja sama ekonomi termasuk pentingnya ekonomi syariah, produk halal, hingga pariwisata.

“Kemitraan ekonomi ini harus terus ditingkatkan,” ujar Wapres usai pertemuan.

Hadir mendampingi Wapres dalam pertemuan ini antara alin Menteri Luar Negeri (Menlu), Retno LP Marsudi serta Duta Besar Indonesia untuk Singapura, Suryo Pratomo.

Wapres mengungkapkan, Singapura merupakan investor asing terbesar di Indonesia dengan realisasi investasi hingga Juni tahun 2022 tercatat mencapai 6,7 miliar Dolar Amerika Serikat.

Baca Juga: Menkes Tegaskan Pemerintah Utamakan Penggunaan Vaksin COVID-19 Produksi Dalam Negeri

“Total perdagangan kita Agustus ini juga naik lebih dari 36 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu,” ujar Wapres melalui keterangan persnya yang diterima Telisik.id.

Terkait Ekonomi Syariah, Ma'ruf menuturkan, sektor ini punya potensi besar untuk memperkuat ekonomi kedua negara. Ekonomi syariah mampu mendukung pemulihan ekonomi di tengah ancaman resesi, khususnya setelah performa yang ditunjukkan saat terjadinya pandemi COVID-19.

“Transaksi syariah gunakan model bisnis bagi hasil yang berikan rasa aman. Serta adanya dana wakaf yang terjangkau dan berpotensi jadi aset produktif. Potensi ekonomi ini harus kita kembangkan bersama,” ujarnya.

Sementara mengenai produk halal dan pariwisata, Ma'ruf mengungkapkan,  saat ini tren wisata muslim mulai meningkat di berbagai negara. Untuk itu, sebagai negara tetangga dan hub bagi para wisatawan menuju Indonesia, peran serta Singapura sangat diharapkan dalam memperkuat kerja sama ini.

Baca Juga: Tak Terpengaruh Tragedi Kanjuruhan, Jokowi Pastikan Piala Dunia U20 Tetap Digelar

“Tahun ini, Indonesia berhasil naik peringkat 2 dalam Global Muslim Travel Index. Oleh karenanya, peran Singapura sebagai hub bagi para wisatawan Muslim ke Indonesia jadi sangat penting. Ke depan, saya harapkan penguatan kolaborasi Indonesia-Singapura untuk dorong kemajuan wisata muslim,” pungkasnya.

Sementara itu, Wakil PM Singapura, Lawrence Wong menyampaikan apresiasi atas kerja sama yang selama ini terjalin dengan baik antara Indonesia dan Singapura. Wakil PM Singapura juga menyambut baik rencana-rencana kerja sama ke depannya.

“Saya yakin kerja sama Indonesia dan Singapura akan semakin kuat,” ujar Lawrence Wong. (C)

Penulis: Marwan Azis

Editor: Kardin

Baca Juga