Bingung Foto Background Lamaran Kerja, Simak Penjelasannya Berikut Ini

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Selasa, 23 Agustus 2022
0 dilihat
Bingung Foto Background Lamaran Kerja, Simak Penjelasannya Berikut Ini
Salah satu dokumen penting untuk dilampirkan, salah satunya adalah foto lamaran kerja. Sebenarnya tidak ada aturan baku mengenai foto background lamaran kerja, namun umumnya foto yang digunakan adalah latar biru, merah dan putih. Foto: Repro skillacademy.com

" Ketika di informasi lowongan kerja sudah ada ketentuan warna latar foto, maka anda harus mengikuti persyaratan tersebut "

KENDARI, TELISIK.ID - Menyelesaikan jenjang perkuliahan menuju ke dunia kerja adalah impian tiap orang. Informasi lowongan kerja bisa diperoleh di berbagai media sosial seperti Facebook, Telegram, Instagram, Google ataupun WhatsApp.

Sebuah dokumen yang penting untuk dilampirkan salah satunya adalah foto lamaran kerja. Lalu, bagaimana dengan aturan baku terhadap background foto lamaran kerja.

Salah satu dokumen yang tidak kalah penting untuk dilampirkan pada dokumen lamaran kerja yaitu foto lamaran kerja. Sebenarnya, tidak ada aturan baku mengenai warna dan ukuran foto lamaran kerja.

Dikutip dari andhikaraya.com, ketika di informasi lowongan kerja sudah ada ketentuan warna latar foto, maka anda harus mengikuti persyaratan tersebut. Hal ini agar anda tidak salah melampirkan foto di dokumen lamaran kerja dan pihak HRD lebih merasa yakin kepada anda karena mengikuti apa yang telah perusahaan atau instansi inginkan.

Apabila tidak ada informasi tentang warna latar foto setengah badan yang harus anda lampirkan di dokumen lamaran kerja, maka anda dapat menggunakan warna latar yang mencerminkan foto formal. Warna yang dapat anda gunakan yaitu merah, bitu dan putih.

Ketiga warna tersebut sering digunakan oleh perusahaan atau instansi dalam persyaratan administrasi, ID Card maupun kepentingan formal lainnya yang menyangkut dengan identitas diri. Anda diberikan kebebasan untuk memilih ketiga warna tersebut dan tidak ada yang salah memilih salah satu warna.

Foto Latar Warna Merah: ditujukan untuk warga Indonesia yang lahir di tahun ganjil Contoh: 1987, 1989, 1991, 1993, 1995, 1997, 1999, 2001 dan seterusnya.

Baca Juga: Cara Ganti Jaringan 3G ke 4G Secara Online dan Offline

• Foto Latar Warna Biru: ditujukan untuk warga Indonesia yang lahir di tahun genap Contoh: 1988, 1990, 1992, 1994, 1996, 1998, 2000, 2002 dan seterusnya.

• Foto Latar Warna Putih : ditujukan untuk tahun genap dan ganjil.

Dikutip dari mamikos.com, jika kamu ingin melamar kerja, maka disarankan untuk memeriksa dulu kriteria di bawah ini:  

1. Menggunakan foto sebatas pinggang dengan menghindari melampirkan foto full-body. Bagian ini hanya akan memenuhi CV dan pasti tidak akan terlihat profesional.

2. Perhatikan pakaian yang kamu kenakan di dalam foto supaya nanti terlihat profesional. Pada umumnya, pria akan memakai jas dan wanita menggunakan blazer. Disarankan untuk tidak menggunakan pakaian yang terlalu mencolok dan perhiasan yang terlalu banyak.

3. Jangan menggunakan make-up yang terlalu tebal dan mewarnai rambut, selain warna rambut alami.

4. Foto CV sudah memperlihatkan telinga. Dalam hal ini kamu bisa menggerai atau pun mengikat rambut supaya tampilan foto kamu terlihat lebih rapi.

5. Menggunakan foto terbaru bukan foto lama meskipun mungkin kamu masih terlihat good-looking di foto tersebut. Hal ini bertujuan supaya para recruiter tidak kaget ketika bertemu denganmu yang mungkin wajahnya terlihat lebih tua dibandingkan dengan di foto.

Baca Juga: Daftar 50 Negara Terindah di Dunia 2022, Indonesia Peringkat Pertama

6. Memakai background dengan 1 warna seperti putih, merah, dan biru. Jangan memakai barang lainnya dalam foto dan pastikan hanya ada dirimu saja yang ada di dalam foto lamaran kerja.

7. Konsisten dalam menggunakan foto. Maksudnya adalah gunakan foto yang sama di CV, LinkedIn, atau profil pencarian kerja lainnya. Dengan ini, maka HRD pasti akan lebih mudah mengenali saat akan mencari tahu lebih lanjut di internet.

8. Tampilkan ekspresi yang natural dalam foto, dalam arti jangan berpose yang berlebihan namun tetap berikan senyum.

9. Jika kamu memerlukan cetak foto untuk dibuat di dalam CV, maka ukuran 4×6  atau 3×4 adalah ukuran yang paling sesuai. (C)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Kardin

Artikel Terkait
Baca Juga