Biodata dan Prestasi Muhammad Rizki: Gelandang Sulawesi Tengah KO Wasit di PON XXI

Ahmad Jaelani, telisik indonesia
Minggu, 15 September 2024
0 dilihat
Biodata dan Prestasi Muhammad Rizki: Gelandang Sulawesi Tengah KO Wasit di PON XXI
Muhammad Rizki menjadi sorotan setelah insiden kontroversial yang terjadi pada laga 8 besar cabang sepak bola PON XXI 2024 antara Sulteng dan Aceh. Foto: Kolase Jawapos/Antara

" Muhammad Rizki, gelandang berbakat asal Sulawesi Tengah, menjadi pusat perhatian setelah insiden yang terjadi pada pertandingan perempat final PON XXI 2024 cabang sepak bola antara Sulawesi Tengah (Sulteng) dan Aceh "

BANDA ACEH, TELISIK.ID – Muhammad Rizki, gelandang berbakat asal Sulawesi Tengah, menjadi pusat perhatian setelah insiden yang terjadi pada pertandingan perempat final PON XXI 2024 cabang sepak bola antara Sulawesi Tengah (Sulteng) dan Aceh.

Pertandingan tersebut berlangsung di Stadion Gelora Bung Tomo pada Sabtu (13/9/2024).

Mengutip Jawapos, Minggu (15/9/2024), insiden berawal dari keputusan kontroversial yang diberikan oleh wasit Ahmad Hafid Hilmi pada menit ke-90+6, yang memberikan penalti untuk tim Aceh. Keputusan ini memicu kemarahan dari Muhammad Rizki yang merasa keputusan wasit tidak adil bagi timnya.

Melampiaskan kemarahannya, Rizki melayangkan bogem mentah yang mengakibatkan wasit KO dan harus menerima perawatan medis di lapangan. Pertandingan sempat dihentikan sementara untuk memberikan pertolongan kepada wasit.

Baca Juga: Peraih Emas Olimpiade Paris Veddriq Leonardo Terhenti di Perempat Final PON XXI Aceh - Sumatera Utara

Biodata Singkat Muhammad Rizki

Muhammad Rizki lahir di Palu pada 2 Mei 2005. Saat ini, ia berusia 19 tahun dan merupakan salah satu gelandang muda berbakat dari Sulawesi Tengah. Rizki bermain untuk klub Persipal Palu FC yang berkompetisi di Liga 2 Indonesia. Bergabung dengan Persipal sejak 1 Januari 2023, Rizki telah memperpanjang kontraknya hingga 2025.

Prestasi dan Karir

Muhammad Rizki dikenal sebagai pemain yang andal dan memiliki kemampuan teknik yang baik di lapangan. Selama musim Liga 2 2024/2025, ia telah tampil dalam delapan pertandingan dengan mencetak dua gol dalam total 502 menit bermain.

Meski memiliki tinggi badan 1,58 meter, Rizki dikenal karena keterampilan teknik dan penguasaan bola yang mumpuni.

Selain bermain untuk Persipal Palu FC, Rizki juga memperkuat tim Sulawesi Tengah di berbagai turnamen nasional. Di level klub, Rizki memakai nomor punggung 10 dan dikenal dengan kaki dominan kanannya.

Baca Juga: Update Klasemen Grup C Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia: Jepang Perkasa di Puncak, Indonesia Keempat

Insiden di PON XXI

Pertandingan antara Sulteng dan Aceh dalam PON XXI 2024 merupakan laga krusial yang menentukan tiket ke semifinal. Ketegangan meningkat pada menit-menit akhir pertandingan ketika seorang pemain Aceh terjatuh di kotak penalti, dan wasit memberikan penalti.

Keputusan ini mengundang protes keras dari pemain Sulteng, terutama Muhammad Rizki, yang merasa keputusan tersebut merugikan timnya.

Dalam kemarahannya, Rizki melakukan tindakan tidak sportif dengan memukul wasit, yang menyebabkan wasit KO dan pertandingan dihentikan sementara.

Wasit pengganti kemudian menggantikan wasit yang terluka, dan Muhammad Rizki diusir dari lapangan. Tim Sulawesi Tengah harus melanjutkan pertandingan dengan 10 pemain hingga pertandingan usai.

Insiden ini menambah catatan kontroversial dalam karir Rizki, meski ia dikenal sebagai pemain yang memiliki potensi besar dan berprestasi. Pihak penyelenggara dan pengurus pertandingan akan menindaklanjuti insiden ini sesuai dengan peraturan yang berlaku. (C)

Penulis: Ahmad Jaelani

Editor: Mustaqim

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga