BKKBN Sulawesi Tenggara Perkuat Upaya Penurunan Stunting di Buton Selatan Lewat Program BKB

Ahmad Jaelani, telisik indonesia
Kamis, 15 Agustus 2024
0 dilihat
BKKBN Sulawesi Tenggara Perkuat Upaya Penurunan Stunting di Buton Selatan Lewat Program BKB
BKKBN Sulawesi Tenggara saat memaparkan progrma BKB di hadapan masyarakat Buton Selatan. Foto: Ist.

" Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Provinsi Sulawesi Tenggara menyelenggarakan Orientasi BKB Kit Stunting sebagai upaya mempercepat penurunan angka stunting di Kabupaten Buton Selatan "

BUTON SELATAN, TELISIK.ID - Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Provinsi Sulawesi Tenggara menyelenggarakan Orientasi BKB Kit Stunting sebagai upaya mempercepat penurunan angka stunting di Kabupaten Buton Selatan.

Kegiatan yang dilaksanakan dengan penuh komitmen ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas para pengelola Program Bangga Kencana (PBK) serta mempercepat upaya penurunan stunting melalui pemberdayaan keluarga di tingkat lapangan.

Orientasi ini diadakan untuk memastikan bahwa kader-kader Bina Keluarga Balita (BKB) di Buton Selatan dapat menjalankan tugas mereka dengan lebih efektif dan efisien, khususnya dalam upaya pencegahan stunting sejak dini.

Baca Juga: KPPN Raha Libatkan Publik dalam Penyusunan dan Penyempurnaan Standar Pelayanan

Kepala Dinas Kependudukan dan Keluarga Berencana Kabupaten Buton Selatan, yang diwakili oleh Sekretaris Dinas, Yusniar, menyampaikan rasa syukur atas terlaksananya kegiatan ini.

“Patut kita bersyukur dengan kegiatan yang dilakukan oleh perwakilan BKKBN Provinsi Sulawesi Tenggara, yang telah melaksanakan kegiatan Orientasi BKB Kit Stunting di Kabupaten Buton Selatan dan peningkatan kapasitas pengelola Program Bangga Kencana dan Percepatan Penurunan Stunting di Kabupaten Buton Selatan,” ucapnya, dalam keterangan tertulis, Kamis (15/8/2024).

Yusniar menambahkan, orientasi ini bukan sekadar pelatihan biasa, tetapi merupakan upaya strategis untuk memperkuat kemampuan kader BKB dalam memanfaatkan BKB Kit Stunting yang telah disediakan, sehingga penurunan stunting di Buton Selatan bisa tercapai lebih cepat dan efektif.

Yusniar juga menekankan pentingnya pengenalan BKB Kit Stunting ini, terutama karena Buton Selatan sudah mempersiapkan BKB Kit Stunting tahun 2024 yang akan digunakan oleh para kader BKB di lapangan.

Kegiatan ini, menurutnya, menjadi kunci penting dalam meningkatkan kualitas layanan BKB di lapangan, terutama dalam penggunaan sarana yang ada di BKB Kit, seperti Kartu Kembang Anak (KKA).

“KKA ini dirancang untuk membantu keluarga dalam memantau tumbuh kembang anak secara lebih sistematis, sehingga masalah stunting dapat dicegah sejak dini melalui upaya yang terfokus pada keluarga,” jelas Yusniar.

Ketua Tim Ketahanan Keluarga dan Pencegahan Stunting BKKBN Provinsi Sulawesi Tenggara, Agus Salim, yang mewakili Kepala Perwakilan BKKBN, juga mengapresiasi kegiatan tersebut.

Baca Juga: Keluarga Ungkap Ada Firasat Sebelum Nelayan Hilang di Pantai Jodoh Buton Selatan

“Kegiatan Orientasi BKB Kit Stunting yang dilaksanakan di kabupaten Buton Selatan ini tentu saja sangat penting untuk meningkatkan kapasitas kader kita di lapangan yang langsung menyentuh keluarga setiap waktunya,” ujar Agus.

Pihak BKKBN Sultra berharap para kader BKB dapat memahami dengan lebih baik cara memanfaatkan sarana yang ada di BKB Kit Stunting yang sudah dianggarkan melalui dana Bantuan Operasional Keluarga Berencana (BOKB).

“Penggunaan KKA yang merupakan salah satu alat penting dalam BKB Kit, (semoga bisa) dimaksimalkan oleh para kader untuk mencegah stunting sejak dini,” harap Agus. (C-Adv)

Penulis: Ahmad Jaelani

Editor: Mustaqim

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga