BKKBN Sultra Perkuat PKB dan PLKB di Konawe untuk Penurunan Stunting dan Bangga Kencana

Riksan Jaya, telisik indonesia
Selasa, 02 Juli 2024
0 dilihat
BKKBN Sultra Perkuat PKB dan PLKB di Konawe untuk Penurunan Stunting dan Bangga Kencana
BKKBN Sultra menggelar kegiatan pembinaan kinerja PKB dan PLKB di Kabupaten Konawe. Foto: Ist.

" BKKBN Provinsi Sulawesi Tenggara menggelar kegiatan pembinaan kinerja Penyuluh Keluarga Berencana (PKB) dan PLKB di Kabupaten Konawe, pada Kamis (13/6/2024) "

KONAWE, TELISIK.ID - Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Provinsi Sulawesi Tenggara menggelar kegiatan pembinaan kinerja Penyuluh Keluarga Berencana (PKB) dan PLKB di Kabupaten Konawe, pada Kamis (13/6/2024).

Kegiatan ini bertujuan untuk memperkuat koordinasi, meningkatkan kinerja PKB dan PLKB, serta mendorong percepatan penurunan stunting dan kesuksesan program Bangga Kencana di Konawe.

Dharmasari, Ketua Tim Kerja Hukum dan Kepegawaian BKKBN Sultra, menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan upaya BKKBN Sultra untuk meningkatkan kualitas PKB dan PLKB dalam menjalankan tugasnya.

"Penegakan hukum disiplin Pegawai Negeri Sipil (PNS) kepada seluruh PNS di lingkup instansi menjadi faktor penting untuk mendorong kinerja PNS dalam memberikan pelayanan prima kepada masyarakat," ujar Dharmasari.

Lebih lanjut, Dharmasari menjelaskan bahwa PKB dan PLKB harus mentaati kewajiban dan menghindari larangan sesuai peraturan perundang-undangan disiplin PNS, termasuk menjaga netralitas sebagai ASN. Hal ini penting mengingat PKB dan PLKB bekerja di lapangan dan berinteraksi langsung dengan masyarakat.

Baca Juga: Sulawesi Tenggara Gelar Rapat Koordinasi Percepatan Penurunan Stunting

Pada kesempatan yang sama, Sitti Maryam, Ketua Tim Kerja Perencanaan dan Manajemen Kinerja BKKBN Sultra, menyampaikan bahwa BKKBN Sultra mendorong Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (Disdalduk KB) Konawe untuk melaksanakan kegiatan terkait Bantuan Operasional Keluarga Berencana (BOKB) dari pusat dalam rangka percepatan penurunan stunting.

"Kegiatan ini dipantau serta menjadi perhatian nasional," kata Sitti Maryam.

Sementara itu, Yones, Kepala Bidang Penyuluhan dan Penggerakan Dinas PP dan KB Kabupaten Konawe, menjelaskan bahwa tugas pokok PKB adalah mengelola program Bangga Kencana yang meliputi penyuluhan, pelayanan, penggerakan dan pengembangan di bidang pengendalian penduduk dan keluarga berencana (KB).

Baca Juga: Bidang PPKB DP3APPKB Sultra Gelar Fasilitasi 1000 HPK di Buton Selatan

"PKB tidak hanya bertugas mengedukasi masyarakat tentang program KB, akan tetapi masih ada tugas penyuluh dalam mendorong keberhasilan program Bangga Kencana. Di antaranya mampu melakukan pendekatan dengan berbagai elemen," jelas Yones.

Yones juga berpesan kepada PPPK PKB dan PLKB yang baru agar dapat menyesuaikan dengan lingkungan kerja secara baik agar mampu menjawab tantangan sebagai penyuluh di lapangan.

Kegiatan pembinaan kinerja PKB dan PLKB ini diharapkan dapat meningkatkan kinerja PKB dan PLKB di Konawe, sehingga dapat berkontribusi dalam percepatan penurunan stunting dan kesuksesan program Bangga Kencana di Konawe.(C-Adv)

Penulis: Riksan Jaya

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga