Antusias Masyarakat Buton Utara Peringati Tahun Baru Islam, Pemda Gelar Pawai Taaruf

Rina Gayatri, telisik indonesia
Rabu, 19 Juli 2023
0 dilihat
Antusias Masyarakat Buton Utara Peringati Tahun Baru Islam, Pemda Gelar Pawai Taaruf
Peringati tahun baru Islam, Pemda Buton Utara melaksanakan pawai bersama, dilaksanakan di lapangan Raja Jin, Rabu (19/7/2023). Foto: Ist.

" Peringatan tahun baru Islam sudah menjadi salah satu tradisi yang dilakukan setiap tahun, khususnya di Kabupaten Buton Utara. Tahun baru islam jatuh pada 1 Muharram 1445 Hijriah, yang bertepatan dengan Rabu (19/7/2023) "

BUTON UTARA, TELISIK.ID - Peringatan tahun baru Islam sudah menjadi salah satu tradisi yang dilakukan setiap tahun, khususnya di Kabupaten Buton Utara. Tahun baru islam jatuh pada 1 Muharram 1445 Hijriah, yang bertepatan dengan Rabu (19/7/2023).

Dalam perayaan peringatan tahun baru Islam, Pemda Buton Utara melaksanakan pawai bersama dengan tema ta'aruf, yang dilaksanakan di lapangan Raja Jin, Rabu (19/7/2023).

Tahun baru Islam ini pun bisa menjadi salah satu momentum untuk mengingat kembali, peristiwa hijrah Nabi Muhammad SAW, dari Mekkah ke Madinah pada tahun 622 M.

Baca Juga: Ditpolair Polda Sulawesi Tenggara Gagalkan Pengangkutan Kayu Ilegal di Perairan Buton Utara

Tujuan dilaksanakannya pawai ta'aruf ini guna mempererat tali silaturahmi antar masyarakat Buton Utara, agar bisa saling merangkul satu sama lain. Momentum ini juga bisa menjadi saat yang tepat untuk merefleksikan diri agar bisa menjadi lebih baik lagi ke depannya.

Acara dimeriahkan oleh ribuan peserta pawai, dari pimpinan daerah, staf ahli bupati dan asisten sekretaris daerah, ibu-ibu majelis taklim se-Kabupaten Buton Utara, para pengurus masjid, dan semua organisasi perangkat daerah (OPD), bahkan tingkat pelajar SMA, SMP dan SD pun ikut serta.

Kegiatan dimulai pukul 07.30 Wita. Titik start berawal dari lapangan Raja Jin, melewati lapangan tenis, menuju Jalan Takaora, melewati SMPN 1 Kulisusu, kemudian menuju pasar lama melewati Jalan Gaumalanga dan berakhir di Rujab Kamali, kediaman Bupati Buton Utara.

"Sangat luar biasa semangat dari para peserta untuk ikut berpartisipasi dalam merayakan tahun baru Islam 1 Muharram kali ini, semoga tahun ini lebih baik dan berkah untuk kita semua dari tahun sebelumnya," ucap seorang peserta, Asmarita, Rabu (19/7/2023) siang.

Baca Juga: HUT ke-16, Ini Pencapaian dan Proyek Besar Pembangunan Buton Utara yang Digarap

Namun, menurut pengakuan Sinta, salah seorang peserta pawai ta'aruf, ada sedikit kekurangan dari kegiatan tersebut.

"Pawai tadi alhamdulillah bagus banyak peserta yang ikut, tapi rutenya terlalu jauh dan tidak ada sholawat atau lagu religi yang mengiringi sepanjang jalan, harusnya kan ada, supaya lebih Islami dan peserta pawai lebih semangat," tuturnya.

Ia berharap untuk kegiatan pawai berikutnya bisa lebih dipersingkat lagi rutenya dan ada tambahan hiburan selama perjalanan. (B)

Penulis: Rina Gayatri

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga