BLK Latih Siswa Madrasah Membuat Masker

Ibnu Sina Ali Hakim, telisik indonesia
Kamis, 04 Juni 2020
0 dilihat
BLK Latih Siswa Madrasah Membuat Masker
Penandatanganan MoU pelatihan pembuatan masker antata BLK Kendari dan Kemenag Sultra. Foto: Ibnu Sina Ali Hakim/Telisik

" Rencana target pembuatan masker tahap satu itu untuk tingkat Madrasah Aliyah. Setelah selesai, kita akan ke kabupaten lain dan kami sudah siapkan 20 unit mesin. "

KENDARI, TELISIK.ID - Guna meningkatkan keterampilan siswa Madrasah di masa pandemi COVID-19, Kementrian Agama (Kemenag) Sulawesi Tenggara (Sultra) bersinergi bersama BLK Kendari mengadakan pelatihan pembuatan masker.

Pelatihan tersebut diikuti seluruh siswa Madrasah yang ada di Sultra di bawah Kementerian Agama.

Kepala Kantor Wilayah Kemenag Sultra, Fesal Musaad menjelaskan, pelaksanaan kegiatan ini akan bertahap yang diawali di Kota Kendari dan daerah lainnya akan menyusul.

Baca juga: Rusman Siap Hadapi Pilkada Muna

"Penandatanganan MoU antara Kemenag Sultra dan BLK Kendari ini bertujuan untuk melatih siswa madrasah memproduksi masker. Jadi untuk yang pertama Kota Kendari diikuti 1.273 siswa Madrasah Aliyah. Se-Sultra, secara keseluruhan berjumlah 83 ribu siswa yang akan mengikuti pelatihan pembuatan masker secara bertahap," ungkapnya, Rabu (3/6/2020).

Fesal juga menambahkan, substansi dari kerjasama dengan BLK Kendari yakni melatih siswa di bidang keterampilan memproduksi masker, kemudian membangkitkan semangat pengabdian pada masyarakat, dan membangkitkan semangat nasionalisme karena masker yang akan diproduksi ini berwarna merah putih, yang bermakna bahwa siswa cinta tanah air.

Baca juga: Haji Batal, Dana Setoran Pelunasan Jemaah Dikelola Terpisah

"Rencana target pembuatan masker tahap satu itu untuk tingkat Madrasah Aliyah. Setelah selesai, kita akan ke kabupaten lain dan kami sudah siapkan 20 unit mesin," tambahnya.

Kepala BLK Kendari, La Ode Haji Polondu menuturkan, pelatihan ini akan dibimbing langsung oleh instruktur kompeten dari BLK Kendari.

"Jadi instruktur kami yang akan datang ke Madrasah guna melatih memproduksi masker," pungkasnya.

Biaya pelatihan pembuatan masker ini bersumber dari dana BOS yang diatur oleh regulasi untuk menunjang proses belajar mengajar dalam pembuatan masker Madrasah se-Sultra.

Reporter: Ibnu Sina Ali Hakim

Editor: Haerani Hambali

Baca Juga