Ini Tips Membeli Smartphone Murah Berkualitas

Affan Safani Adham, telisik indonesia
Minggu, 14 Juni 2020
0 dilihat
Ini Tips Membeli Smartphone Murah Berkualitas
Saat ini sudah banyak produk smartphone dari berbagai kelas. Mulai dari handphone (HP) murah, terbaik sampai mahal. Semua tersedia dalam banyak pilihan. Foto: Affan Safani Adham/Telisik

" Bicara trend yang ada saat ini, HP kekinian sudah menggunakan desain layar HP tanpa bezel atau bezel less. Dan ada juga HP dengan notch atau poni. "

YOGYAKARTA, TELISIK.ID - Saat ini sudah banyak produk smartphone dari berbagai kelas. Mulai dari handphone (HP) murah, terbaik sampai mahal. Semua tersedia dalam banyak pilihan. Dan rasanya kita sangat mudah untuk membelinya.

Berbeda dengan HP kelas atas, yang kemungkinan mendapatkan "zonk"-nya kecil, mencari HP murah dengan kualitas terbaik butuh ketelitian dan pengetahuan lebih. Terutama mengenai spesifikasi smartphone agar kita tidak menyia-nyiakan jutaan rupiah hanya untuk mendapat smartphone yang malah membuat kita frustasi.

Kenapa begitu? Seperti ditulis Imam Ali dalam Pricebook edisi 25 Oktober 2019, salah satu kesalahan terbesar konsumen saat beli HP murah adalah terlalu percaya pada iklan. "Padahal, produk itu belum tentu sesuai dengan kebutuhan kita," kata Imam Ali.

Bicara trend yang ada saat ini, HP kekinian sudah menggunakan desain layar HP tanpa bezel atau bezel less. Dan ada juga HP dengan notch atau poni.

Kenapa desain itu penting? Dengan desain yang kekinian, tentu tampilan HP akan terlihat lebih modern. Walaupun dari segi fungsi belum tentu sesuai dengan kebutuhan si pemakai.

Bila mau mengecek lebih banyak, di luar sana masih banyak HP murah dengan kualitas dan spesifikasi lebih baik yang dijual di pasaran.

Baca juga: Potulumi: Yang Bergerak di Pasar Selama Pandemi

Nah, agar tidak mengalami hal yang merugikan dalam membeli HP murah berkualitas baru, Imam Ali dalam Pricebook memberikan tips dalam memilih smartphone dengan harga murah terbaik dan sesuai dengan kebutuhan kita.

Pilih HP dari kelas mid end. Maksudnya adalah HP kelas menengah yang harganya tidak terlalu murah, tapi juga masih bisa dijangkau oleh budget kebanyakan orang. Kisaran harganya berada di angka Rp 2-3 juta.

Kenapa mesti dari kelas mid end? Karena dari segi spesifikasi, kualitas HP kelas mid end jelas jauh lebih baik dibanding membeli HP di kelas entry level.

Di samping itu, pilihan produk untuk HP kelas mid end lebih banyak. Sehingga kita memiliki kesempatan untuk memilih produk yang sesuai dengan lebih mudah.

Bagaimana kalau budget yang kita miliki tidak banyak? Solusinya, kita membeli HP murah berkualitas yang berada di kisaran harga Rp 1 juta bisa menjadi solusi. Namun, perbanyak cari informasi dulu sebelum membeli agar kita tidak salah memilih.

Selain itu kita bisa menggunakan produk kredit HP yang banyak bertebaran sekarang ini, yang semuanya bisa disesuaikan dengan kemampuan kita dalam membayar cicilan.

Baca juga: Pasien Sembuh COVID-19 di Sultra Bertambah 10, Positif 2 Orang

Ketidaktahuan akan spesifikasi HP murah berkualitas, seringkali menjebak banyak orang untuk membeli smartphone berspesifikasi mengecewakan dengan harga yang terlalu mahal. Salah satu yang banyak tidak orang ketahui adalah masalah chipset atau prosesor.

Untuk masalah ini, kita membeli smartphone yang menggunakan chipset Qualcomm Snapdragon yang sudah cukup umum di pasaran dengan seri Snapdragon 600 atau Snapdragon 400.

Untuk Snapdragon 600, merupakan chipset kelas menengah yang sudah banyak digunakan oleh banyak smartphone. Untuk produknya bisa membeli HP dengan chipset Snapdragon 625 dan Snapdragon 636. Kedua smartphone ini menawarkan performa yang apik.

Snapdragon seri 400 juga masih sangat bisa diandalkan untuk mendukung aktivitas sehari-hari. Untuk HP-nya, pilih paling tidak HP yang menggunakan chipset Snapdragon 425 ke atas agar performa yang ditawarkan masih cukup oke.

Bicara RAM, pemilihan HP murah terbaik harus disesuaikan dengan chipset yang disediakan, seperti dari seri Qualcomm Snapdragon 400. Karena chipset ini ditujukan untuk HP kelas entry level, maka spesifikasi yang diusung tidak tinggi. Pemilihan RAM yang cocok biasanya di angka 2GB atau 3GB.

Untuk Snapdragon 600 series, pilihan RAM-nya sedikit lebih beragam. Karena HP dengan chipset kelas menengah Qualcomm ini sekarang kebanyakan diberikan varian HP RAM 3GB, HP RAM 4GB, dan HP RAM 6GB. Yang membedakan antara RAM kecil dan besar hanyalah harga. Jadi, sesuaikan dengan budget yang kita miliki.

Baca juga: Kendari Terus Diguyur Hujan, BPBD Intens Lakukan Pemantauan

Adapun untuk masalah layar, sekarang bisa dibilang sebagai eranya HP dengan layar besar atau HP layar 6 inch ke atas. Namun, tidak semua orang menyukai layar besar. Karena mereka menganggap HP dengan layar kecil lebih fleksibel dan mudah dibawa.

Walau sebenarnya pemilihan RAM sifatnya sesuai selera, namun kita bisa membeli HP dengan layar 5 inch. Selain layar di bawah itu sudah jarang, layar minimal 5 inch juga sudah lebih mudah dioperasikan, terutama dalam mengetik pesan.

Satu hal lain yang mesti diperhatikan adalah resolusinya, di mana resolusi layar yang digunakan setidaknya harus sudah 1080p atau HP layar full HD yang dianggap resolusi layar paling ideal saat ini.

Jika kita memiliki budget Rp 2-3 juta, maka kualitas kamera smartphone yang bisa didapat di kelas tersebut sebenarnya sudah cukup mumpuni untuk dipakai memotret secara konvensional dan punya fitur yang cukup lengkap.

Bahkan HP murah berkualitas sekarang sudah banyak yang dilengkapi fitur dual kamera untuk meningkatkan hasil memotretnya. Bagi yang suka merekam video untuk memilih HP yang kameranya sudah dilengkapi fitur OIS dan mampu merekam video berkualitas 4K.

Reporter: Affan Safani Adham

Editor: Haerani Hambali

Artikel Terkait
Baca Juga