adplus-dvertising

BLT Minyak Goreng Mulai Disebar Pekan Depan hingga 21 April

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Jumat, 08 April 2022
487 dilihat
BLT Minyak Goreng Mulai Disebar Pekan Depan hingga 21 April
Presiden RI, Joko Widodo saat memperlihatkan minyak goreng. Foto: Repro Instagram @jokowi

" Bantuan Langsung Tunai (BLT) Minyak Goreng dipastikan bakal tersalurkan pada pekan depan "

JAKARTA, TELISIK.ID - Bantuan Langsung Tunai (BLT) Minyak Goreng dipastikan bakal tersalurkan pada pekan depan.

Kepastian itu dikatakan Sekretaris Kemenko Perekonomian, Susiwijono Moegiarso dalam konferensi pers Bantuan Sosial Pangan secara virtual, dikutip dari Suara.com - jaringan Telisik.id, Jumat (8/4/2022).

Dimana penyaluran BLT tersebut Pemerintah menargetkan akan rampung hingga 21 April 2022.


"Sesuai dengan arahan bapak presiden program BLT ini sudah harus tersalurkan pada bulan Ramadan. Waktu di Jambi bahkan paling lama kalau bisa satu minggu sebelum Idul Fitri," kata Susi panggilan akrabnya.

Susi menjelaskan pemerintah akan mengeluarkan dana BLT senilai Rp 100 ribu per bulan, selama tiga bulan dengan total anggaran Rp 6,95 triliun.

Adapun bantuan tersebut akan menyasar kepada 20,5 juta masyarakat miskin dan 2,5 juta penjual gorengan.

Baca Juga: Soal Penangguhan Rusia dari Dewan HAM, Indonesia Pilih Abstain dalam Voting PBB

Untuk BLT minyak goreng yang akan disalurkan kepada pedagang gorengan akan menggunakan mekanisme program Bantuan Tunai Pedagang Kaki Lima Warung dan Nelayan (BTPKLWN), melalui TNI/Polri.

"Kemarin kami sudah melakukan beberapa kali rapat teknis dengan teman-teman TNI dan Polri dan teman teman Kemenkeu, BPKP dan KL terkait bagaimana kita akan mendorong percepatan untuk penyaluran program BLT minyak goreng sebagai bagian dari program BTPKLWN," paparnya.

Susi mengatakan, pada penyaluran bantuan minyak goreng melalui BTPKLWN di 2022 melalui dua program. Pertama program BTPKLWN sebesar Rp 600 ribu untuk PKL, warung, dan nelayan di 212 kabupaten/kota.

Kemudian kedua, penyaluran BLT minyak goreng ini penyerahannya akan dilakukan bersamaan dengan program BTPKLWN. Dan hanya ditujukan kepada warung yang menjual makanan dalam hal ini gorengan di 514 kabupaten/kota seluruh Indonesia.

Baca Juga: Mahendra Siregar Terpilih Jadi Ketua OJK, Ini Harapan Ketua Komisi XI

Dikutip detik.com, untuk teknisnya program BLT minyak goreng ada di dua rumpun program.

Pertama di rumpun bansos pangan yang tanggung jawabnya ada di Kementerian Sosial di mana alokasi anggaran senilai Rp 6,2 triliun untuk menyasar 20,65 juta orang.

Penerima di atas merupakan yang termasuk dalam daftar Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) dan Program Keluarga Harapan (PKH). Penyaluran BLT minyak goreng melalui Kemensos ini akan dilakukan melalui PT Pos. (C)

Reporter: Fitrah Nugraha

Editor: Kardin

Baca Juga