BNNP Sultra Edukasi Pelajar dari Bahaya Narkoba

Ibnu Sina Ali Hakim, telisik indonesia
Sabtu, 06 Maret 2021
0 dilihat
BNNP Sultra Edukasi Pelajar dari Bahaya Narkoba
Edukasi bahaya narkoba bagi pelajar. Foto: Ist.

" Mau jadi bangsa besar atau tinggal nama? tergantung kita membuat nyaman dan baik di sekolah. "

KENDARI, TELISIK.ID - Badan Narkotika Nasional (BNN) Provinsi Sulawesi Sultra, edukasi pada puluhan pelajar SMKN 3 Kendari tentang upaya dalam mencegah dan memberantas penyalahgunaan peredaran gelap narkotika (P4GN), Sabtu (6/3/2021).

Kegiatan yang dikemas dalam acara talkshow itu, sebagai upaya dalam memproteksi siswa agar tidak menyalahgunakan narkoba ataupun obat-obat terlarang.

"Ini sebagai upaya BNN dalam melindungi mereka, sehingga mereka memiliki imun dan tidak terlibat terhadap penyalahgunaan narkoba," ungkap Koordinator Bidang Pencegahan dan Pemberdayaan Masyarakat BNNP Sultra Mindrayatin.

Kegiatan itu juga menghadirkan dua narasumber yakni, Ketua Pengurus Daerah Ikatan Apoteker Indonesia (IAI) Sultra Harmawati dan Koordinator Poliklinik Psikologis RSJ Sultra Chadidjah D. Selemo.

Harmawati memberikan penjelasan mengenai para siswa tentang apa itu narkoba dan jenis zat yang disalahgunakan, fakta remaja saat ini dan bagaimana dampak penyalahgunaan narkoba, cara kerja ganja di otak, 10 cara menolak narkoba.

Baca juga: Buang Sampah pada Tempatnya, DLHK Kendari Minta Warga Bantu Kerja Petugas Kebersihan

"Mau jadi bangsa besar atau tinggal nama? tergantung kita membuat nyaman dan baik di sekolah," tuturnya

Sementara itu, Koordinator Poli Klinik Psikologis RSJ Sultra Chadidjah D. Selemo yang membawakan materi tentang pengembangan keterampilan hidup (soft skill) dalam menangkal bahaya narkoba bagi remaja.

Kata dia, latar belakang remaja dituntut untuk berinovasi dan berprestasi agar dapat bersaing dan menjadi pembaruan atau 'agent of repair' dengan dorongan tersebut, maka akan muncul kemampuan soft skill.

Ia menyampaikan, penggolongan soft skill terbagi tiga aspek yakni kecakapan mengenal diri/self awareness, kecakapan berpikir rasional/thingking skill dan kecakapan sosial/social skill).

"Memilih dan bergabung pada teman yang tidak menyalahgunakan narkoba, akan memiliki keberanian untuk berdiri teguh dalam bersikap dan keyakinan," ucapnya. Adv (B)

Reporter: Ibnu Sina Ali Hakim

Editor: Fitrah Nugraha

TAG:
Baca Juga