Buang Sampah pada Tempatnya, DLHK Kendari Minta Warga Bantu Kerja Petugas Kebersihan

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Sabtu, 06 Maret 2021
0 dilihat
Buang Sampah pada Tempatnya, DLHK Kendari Minta Warga Bantu Kerja Petugas Kebersihan
Sampah dibuang berhamburan di sekitar tempat sampah, menyebabkan kerja petugas kebersihan makin berat. Foto: Fitrah Nugraha/Telisik

" Kalau tidak bisa membantu membersihkan, paling tidak bisa meringankan pekerjaan petugas dengan tidak membuang sembarang sumpahnya. "

KENDARI, TELISIK.ID - Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) Kendari, meminta masyarakat agar ikut meringankan kerja dari petugas kebersihan.

Pasalnya, sampah yang dibuang masyarakat di beberapa tempat pembuangan sampah kurang teratur. Bahkan banyak sampah yang dibuang bukan pada tempatnya, tapi hanya di sekitar tempat sampah tersebut.

Karena itu, Kepala DLHK Kendari, Nismawati berharap masyarakat bisa meringankan kerja dari petugas kebersihan dengan memastikan sampah yang dibuang tepat di tempatnya.

Berdasarkan pemantauannya, sebagian masyarakat masih suka buang sampah di pinggir jalan atau di sekitar tiang listrik, sehingga itu menghambat kerja dari petugas kebersihan.

"Kalau tidak bisa membantu membersihkan, paling tidak bisa meringankan pekerjaan petugas dengan tidak membuang sembarang sumpahnya," katanya, belum lama ini.

Baca juga: Telisik.id Resmi Terverifikasi Faktual Dewan Pers

Petugas kebersihan, lanjut Nismawati, sudah melakukan pekerjaannya dengan baik, bahkan mereka sudah kerja sejak jam 3 atau 5 pagi, sehingga pekerjaannya itu bisa selesai sekitar jam 9 atau 10 pagi.

Namun, dengan adanya sampah yang dibuang sembarangan di sekitar tempat sampah, membuat kerja petugas kebersihan sedikit molor dan terhambat.

"Paling berat itu kalau ada tempat pembuangan sampah yang masyarakatnya asal membuang dan menghambur. Itu jelas butuh energi besar untuk mengangkutnya," keluhnya.

Olehnya itu, Ia berharap masyarakat memastikan sampah yang dibuang benar-benar dimasukkan di tempat sampah yang telah disediakan.

"Sekali lagi, kita mesti bisa membantu petugas kebersihan dalam menjalankan tugasnya dengan memastikan sampah yang dibuang dimasukkan pada tempatnya," pungkasnya. (B)

Reporter: Fitrah Nugraha

Editor: Haerani Hambali

TAG:
Artikel Terkait
Baca Juga