BPBD Kolut Kaget Saat Tahu Pemukiman Warga Hampir Ambruk Dihantam Banjir

Muh. Risal H, telisik indonesia
Selasa, 30 November 2021
0 dilihat
BPBD Kolut Kaget Saat Tahu Pemukiman Warga Hampir Ambruk Dihantam Banjir
Kondisi terkini beberapa rumah yang ada di bantaran sungai Lapai, Kelurahan Lapai, Kecamatan Ngapa. Foto: Muh. Risal H/Telisik

" Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Kabupaten Kolaka Utara (Kolut), Dr. Hj. Syamsuriani, ST kaget saat dikonfirmasi terkait kondisi beberapa rumah yang hampir ambruk "

KOLAKA UTARA, TELISIK.ID - Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Kabupaten Kolaka Utara (Kolut), Dr. Hj. Syamsuriani, ST kaget saat dikonfirmasi terkait kondisi beberapa rumah yang hampir ambruk.

Diketahui, rumah warga tersebut hampir ambruk akibat hantaman banjir di bantaran sungai Kelurahan Lapai, Kecamatan Ngapa, Kolut.

Menurut Syamsuriani, pihaknya sama sekali belum mendapatkan informasi dari pemerintah setempat terkait ambruknya satu rumah dan kondisi rumah lain yang terancam roboh.

"Sampai hari ini kami belum mendapatkan informasi terkait kondisi beberapa rumah di bantaran Sungai Lapai yang hampir ambruk," terangnya saat dikonfirmasi Telisik.id, Selasa (30/11/2021).

Informasi yang masuk, lanjut dia, hanya laporan warga hilang di Desa Sarambu, Kecamatan Porehu, sehingga pihaknya bersama Taruna Siaga Bencan (Tagana) Dinsos, bersam tim SAR Kolaka kolaborasi melakukan pencarian di lokasi.

"Insyaallah terkait kejadian di Kelurahan Lapai akan kami tindak lanjut hari ini juga dengan mengutus beberapa orang dari BPBD untuk melakukan survei. Setelah itu, baru dilakukan upaya tanggap darurat. Yang pasti hari ini kami survei karena infonya baru kami terima dari teman media," tegasnya.

Baca Juga: Beberapa Rumah di Kolut Terancam Ambruk Gegara Banjir

Sementara itu, menyikapi kondisi cuaca di Kolut yang akhir-akhir ini kurang bersahabat, ia mengimbau masyarakat agar tetap siap siaga terhadap potensi bencana yang dapat terjadi kapan saja, terutama bencana banjir, abrasi pantai, dan angin puting beliung.

"Kami juga dalam tempo dekat ini akan selalu memberikan informasi up date data lewat media sosial maupun gurup WhatsApp Pemerintah Daerah terkait kesiap siagaan dan peringatan dini," imbuhnya.

Baca Juga: Warga Kecamatan Molawe Desak Reklamasi Eks Lahan 11 IUP di Konut

Terkait survei yang akan dilakukan hari ini, Kepala Bidang Rehabilitasi dan Rekonstruksi, BPBD Kolut, Iwan Taruna Jaya, ST mengungkapkan, dirinya bersama beberapa orang akan melakukan survei dan akan akan mengeluarkan rekomendasi secepatnya.

"Tunggu hasilnya. Besok baru bisa kami sampaikan karena hari ini baru dilakukan survei. Kami pastikan keselamatan warga tetap nomor satu," pungkasnya saat dikonfirmasi melalui WhatsApp, Selasa (30/11/2021). (B)

Reporter: Muh. Risal H

Editor: Fitrah Nugraha

Baca Juga