BPS Kolaka Utara Siapkan 188 Tenaga Sensus Pertanian

Muh. Risal H, telisik indonesia
Rabu, 24 Mei 2023
0 dilihat
BPS Kolaka Utara Siapkan 188 Tenaga Sensus Pertanian
Pejabat Bupati Kolaka Utara, Parinringi didampingi Kepala BPS Kolaka Utara, Sidik dan forkopimda, memberikan keterangan pers terkait sensus pertanian. Foto: Muh. Risal H/Telisik

" Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Kolaka Utara, menyiapkan 188 orang untuk melakukan sensus pertanian di 583 dusun yang tersebar di 133 desa/kelurahan dan 15 kecamatan "

KOLAKA UTARA, TELISIK.ID - Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Kolaka Utara, menyiapkan 188 orang untuk melakukan sensus pertanian di 583 dusun yang tersebar di 133 desa/kelurahan dan 15 kecamatan.

Menurut Penjabat (Pj) Bupati Kolaka Utara, Parinringi, sensus pertanian 2023 dilakukan untuk melengkapi data yang berkembang pesat dan dinamis, menjawab kebutuhan data baik nasional maupun internasional.

"Sensus ini dirancang untuk memperoleh hasil yang berstandar internasional dengan mengacu pada program food and Agricultural Organiscation (FAO)," terangnya, Rabu (23/5/2023).

Baca Juga: Ini 41 Catatan Strategis Pansus LKPJ Bupati Kolaka Utara Tahun Anggaran 2022

Kata dia, targetnya agar dapat mengukur rata-rata pendapatan perkapita masyarakat atau Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) yang didalamnya mencakup 9 sektor, antara lain pertanian, kehutanan, perikanan dan lainnya.

"Kegiatan ini penting dan sangat diperlukan untuk menghasilkan data di sektor pertanian yang akurat dan terkini, sebagai acuan pemerintah maupun stakeholder dalam merumuskan kebijakan, baik untuk kepentingan intern maupun kepentingan nasional," jelasnya.

Lebih lanjut, ia mengungkapkan, sektor pertanian merupakan sektor yang dapat memberikan kontribusi pada perekonomian nasional, penyerapan tenaga kerja, penyumbang devisa tinggi khususnya sektor agrobisnis maupun penghasil bahan baku pada industri hilir yang mengelola hasil pertanian menunjukkan kalau sektor pertanian dapat bertahan dalam krisis ekonomi.

"Saya berharap para petugas sensus nantinya dapat melaksanakan tugasnya dengan sebaik-baiknya dan penuh tanggungjawab. Di pundak kalian semua tertitip harapan untuk mendapatkan data pertanian yang lengkap akurat dan mutahir," imbuhnya.

Baca Juga: Pemkab Kolaka Utara Klaim Banyak Prestasi Diraih Tahun 2022

Kepala BPS Kolaka Utara, Sidik menuturkan, tujuan utama sensus pertanian yakni mendapatkan data struktur pertanian yang lengkap dan akurat untuk bahan perencanaan, maupun evaluasi hasil-hasil pembangunan khususnya di bidang pertanian.

"Sensus digelar selama dua bulan, terhitung sejak 1 Juni sampai 31 Juli 2023 dengan sasaran 100 persen penduduk melibatkan 188 orang. Hari ini kita adakan pelatihan untuk para petugas lapangan," bebernya.

Sidik berharap, masyarakat dapat bekerjasama memberikan informasi yang benar sehingga data yang dihasilkan failed dan akurat. (B)

Penulis Muh Risal H

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga