BPVP Kendari Segera Bangun Gedung Pelatihan Workshop Bertaraf Internasional

Aris Mantobua, telisik indonesia
Rabu, 27 April 2022
0 dilihat
BPVP Kendari Segera Bangun Gedung Pelatihan Workshop Bertaraf Internasional
Balai Pelatihan Vokasi dan Produktivitas (BPVP) akan membangun gedung pelatihan otomotif alat berat pada Juli nanti, Foto: Ist

" BPVP Kendari akan membangun gedung pelatihan baru bertaraf internasional pada Juli 2022 mendatang "

KENDARI TELISIK.ID - Balai Pelatihan Vokasi dan Produktivitas (BPVP) Kendari akan membangun gedung pelatihan baru bertaraf internasional pada Juli 2022 mendatang.

Pembangunan gedung itu bertujuan akan melatih jurusan otomotif alat berat yang ada di Provinsi Sulawesi Tenggara. Proses pembangunan atau peletakan batu pertama akan dimulai Juli nanti.

Kepala BPVP Kendari, La Ode Haji Polondu mengatakan, pihaknya menargetkan pembangunan gedung pelatihan workshop otomotif alat berat, guna membuka tenaga kerja yang kompeten di bidang tersebut.

"Sehingga sebelum tahun depan bangunan fisik dari workshop otomotif alat berat bisa rampung semuanya, jadi tinggal kita usahakan untuk mengadakan alatnya," ucap La Ode Polondu, Rabu (27/4/2022).

Polondu menuturkan, pembangunan dari gedung workshop otomotif alat berat nantinya dibangun di lahan hibah pemerintah Provinsi Sultra seluas 4,58 hektare. Tempat tersebut berada tepat di samping Kantor BPVP, Kelurahan Bonggoeya, Kota Kendari.

Baca Juga: Peringati HUT Sultra Ke-58, Ali Mazi: Ini Bukan Peringatan Seremonial Belaka

Polondu mengklaim, kejuruan workshop otomotif alat berat di Sultra tersebut menjadi yang kedua di Indonesia setelah workshop yang dibuat oleh BPVP Samarinda, Kalimantan Timur.

Menurutnya, dalam pembangunan workshop otomotif alat berat sangat penting dilakukan, karena ia menilai daerah Sultra kaya akan industri pertambangan. Pontensi ini terus digali oleh Balai Pelatihan Vokasi dan Produktivitas Kota Kendari. Dengan adanya pembangunan workshop tersebut peningkatan sumber daya manusia bisa meningkat seiring dengan berjalannya waktu.

Baca Juga: Dapil 3 Pimpinan DPRD Kota Kendari Dilanda Banjir, 8 Kios Terendam

Dalam pembangunan infrastruktur dari workshop yang akan dibangun nanti, pihak BPVP Kendari akan bekerjasama dengan BPVP Samarinda. Pihak dari BPVP Kendari bisa belajar di Samarinda guna memperdalam kejuruan alat berat. Hal tersebut terkoordinasi langsung oleh Dirjen Pembinaan Pelatihan Vokasi dan Produktivitas Kementerian Ketenagakerjaan Republik Indonesia.

Seorang warga Kelurahan Bonggoeya, Bram mengungkapkan, dalam proses pembangunan infrastruktur nanti agar tidak mengganggu aktivitas warga setempat.

"Biasanya dalam pembangunan sebuah gedung pasti ada saja kaya debu, itu bisa mengganggu. Saya harap BPVP Kendari bisa mengantisipasi hal tersebut," harapnya. (B)

Reporter: Aris Mantobua

Editor: Kardin

Baca Juga