Bukan Cabe Rawit, Ini Cabe Terpedas di Dunia

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Rabu, 18 Oktober 2023
0 dilihat
Bukan Cabe Rawit, Ini Cabe Terpedas di Dunia
Gelar cabai terpedas di dunia jatuh pada pepper X dengan tingkat kepedasannya sekitar 3,18 juta SHU atau sekitar 31 kali lebih pedas daripada cabai rawit biasa. Foto: Pittigepepers.nl

" Guinness World Records menobatkan cabai terpedas di dunia. Cabai paling pedas memiliki level kepedasan lebih dari 1.000.000 SHU "

KENDARI, TELISIK.ID - Guinness World Records menobatkan cabai terpedas di dunia. Cabai paling pedas memiliki level kepedasan lebih dari 1.000.000 SHU.

Scoville Heat Unit (SHU) sendiri adalah ukuran tingkat kepedasan cabai yang diperkenalkan oleh Wilbur Scoville. Skala SHU menunjukkan jumlah capsaicin, zat penghasil rasa pedas yang terkandung pada sebuah cabai.

Mereka menobatkan cabai Pepper X sebagai cabai terpedas di dunia, menggeser cabai Carolina Reaper yang dalam satu dekade menjadi cabai paling pedas di dunia, Senin (16/10/2023) seperti dikutip dari Kompas.com

Hasil tes laboratorium di Universitas Winthrop Carolina Selatan pada Agustus 2023 menunjukkan, tingkat kepedasan Pepper X mencapai 2,69 juta unit.

Baca Juga: Fakta Unik Saffron, Bumbu Termahal di Dunia

Berikut cabe terpedas di dunia berdasarkan tingkat kepedasannya dikutip dari Merdeka.com:

1. Pepper x

Gelar cabai terpedas di dunia jatuh pada pepper X. Cabai ini juga disilangkan oleh 'Smokin' Ed currie. Tingkat kepedasannya sekitar 3,18 juta SHU atau sekitar 31 kali lebih pedas daripada cabai rawit biasa.

Dilansir Oddity Central, Ed mencoba memformulasikan pepper X lebih dari 10 tahun yang lalu dengan menyilangkan berbagai varietas cabai yang ada. Karena tingkat kepedasannya melebihi 3.000.000 SHU, cabai ini sangat berisiko bagi kesehatan jika dikonsumsi. Karena itulah, pepper x dijual dengan aturan ketat.

2. Dragon's breath

Kebanyakan orang mengenal carolina reaper sebagai cabai terpedas di dunia. Padahal masih ada cabai yang lebih pedas, yaitu dragon's breath. Ukurannya sangat kecil, namun level kepedasannya mencapai 2.483.584 SHU.

Cabai dragon's breath berasal dari Inggris. Sayuran ini tidak hanya membuat mulut terbakar, tapi juga bisa membuat lidah mati rasa sesaat. Karena itulah, dragon's breath tengah dikembangkan sebagai obat anestesi.

3. Caroline reaper

Carolina reaper adalah cabai terpedas ketiga di dunia yang memiliki tingkat kepedasan 1.600.000—2.200.000 SHU, enam belas sampai 22 kali lebih pedas daripada rawit. Cabai ini disilangkan oleh 'Smokin' Ed Currie, seorang pembudidaya cabai di balik PuckerButt Pepper Company yang berada di South Carolina, Amerika Serikat.

Baca Juga: Deretan Fakta Unik Katak Ungu India, Bentuk Hidung Mirip Babi

4. Trinidad moruga scorpion

Ini adalah cabai terpedas ketiga di dunia. Asalnya dari Moruga yang berada di Trinidad dan Tobago. Cabai gendut ini sekilas tampak seperti stroberi. Namun tingkat kepedasannya mencapai 2.001.000 SHU atau sekitar dua puluh kali lebih pedas dari rawit.

Rasanya sedikit manis, tapi berangsur pedas semakin dikunyah. Setelah mengunyah trinidad moruga scorpion selama beberapa saat, rasa pedasnya bakal makin tak tertahankan. (C)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Kardin 

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga