Bulan K3 Nasional: Momen Ciptakan Budaya Kerja yang Aman

Adinda Septia Putri, telisik indonesia
Kamis, 12 Januari 2023
0 dilihat
Bulan K3 Nasional: Momen Ciptakan Budaya Kerja yang Aman
Pekerja Antam UBPN Konawe Utara peringati Bulan K3 Nasional. Foto: Ist.

" Setiap perusahaan punya kewajiban untuk menjamin budaya kesehatan dan keselamatan kerja (K3) kepada para pekerjanya. Bulan K3 nasional diperingati pada 12 Januari-12 Februari setiap tahunnya "

KONAWE UTARA, TELISIK.ID - Setiap perusahaan punya kewajiban untuk menjamin budaya kesehatan dan keselamatan kerja (K3) kepada para pekerjanya. Bulan K3 nasional diperingati pada 12 Januari-12 Februari setiap tahunnya.

PT Antam Tbk Unit Bisnis Pertambangan Nikel (UBPN) Konawe Utara menggelar upacara peringatan bulan K3 nasional 2023 di Tapunopaka, Kabupaten Konawe Utara, Kamis (12/1/2023).

Pada peringatan bulan K3 nasional tahun 2023 ini, Kementerian Ketenagakerjaan  (Kemenaker) RI mengangkat tema “Terwujudnya Pekerjaan Layak yang Berbudaya K3 Guna Mendukung Keberlangsungan Usaha di Setiap Tempat Kerja”.

Baca Juga: Bus Berhenti di Pinggir Jalan Diduga Sebabkan Kemacetan

Business Support Senior Manager Antam UBPN Konawe Utara, Muhammad Rusdan menekankan, keselamatan dan kesehatan kerja merupakan aspek penting dan menjadi hak dasar dalam menjalankan pekerjaan dengan melakukan upaya pengendalian seluruh potensi bahaya sampai level yang dapat dikendalikan.

Pengendalian risiko ini untuk menciptakan lingkungan kerja yang aman, nyaman, sehat dan produktif dan merupakan upaya perbaikan yang berkelanjutan.

“Bulan K3 nasional ini adalah momen penting Antam melibatkan seluruh stakeholder untuk melaksanakan improvement atas pembelajaran kecelakaan tambang dari perusahaan lain maupun dari internal Antam sendiri," lanjutnya.

Ia juga menyampaikan apresiasi kepada semua insan Antam, atas torehan dua tahun pencapain zero fatality. Meski begitu ia tetap mengingatkan para pekerja mengenaj bahayan kecelakaan ringan dan kecelakaan berat, yang sebagian besar diakibatkan oleh kurangnya pemahaman pekerja terhadap potensi bahaya dan risiko pekerjaan.

Baca Juga: Dua Sumber Dana Revitalisasi Lapangan Gajah Mada Medan Diduga Ada Gratifikasi

“Karenanya budaya K3 menjadi keharusan untuk dilaksanakan sehingga kita dapat meminimalisir dan mencegah terjadinya kecelakaan serta penyakit akibat kerja,” tegasnya.

General Manager sekaligus Kepala Teknik Tambang UBPN Konawe Utara, Hendra Wijayanto dalam kesempatan terpisah, secara khusus berharap semoga kegiatan penambangan di Antam UBPN Konawe Utara tetap berada pada kondisi zero accident, dengan secara konsisten menjalankan pekerjaan yang mengutamakan K3, menjalankan pekerjaan sesuai dengan standar dan prosedur sehingga target pekerjaan tercapai, tenaga kerja sehat dan selamat serta memberikan kontribusi positif bagi perusahaan.

Beberapa rangkaian kegiatan bulan K3 Nasional 2023 yang dilaksanakan di UBPN Konawe Utara ini di antaranya kegiatan promosi dan kampanya K3 berupa sebaran spanduk, umbul-umbul dan baliho serta kampanye digital, kegiatan implementatif berupa safety patrol secara rutin, kegiatan donor darah, dan kegiatan sosialisasi refresh budaya K3. (B)

Penulis: Adinda Septia Putri

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga