Bupati Muna Cari Pejabat Loyal dan Berkinerja Baik

Sunaryo, telisik indonesia
Minggu, 07 Mei 2023
0 dilihat
Bupati Muna Cari Pejabat Loyal dan Berkinerja Baik
Bupati Muna, LM Rusman Emba mencari pejabat loyal dan berkinerja baik. Foto: Sunaryo/Telisik

" Bupati Muna, LM Rusman Emba masih menunggu hasil nilai 62 Aparatur Sipil Negara (ASN) peserta lelang jabatan eselon II dari Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) "

MUNA, TELISIK.ID - Bupati Muna, LM Rusman Emba masih menunggu hasil nilai 62 Aparatur Sipil Negara (ASN) peserta lelang jabatan eselon II dari Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN).

Dari hasil nilai keseluruhan, ada tiga yang nilai tertinggi akan diserahkan ke bupati. Nah, ia pun akan memilih salah satunya untuk dilantik sebagai kepala dinas sesuai yang dilamar pada saat lelang.

"Kita tinggal tunggu saja dari KASN," kata Rusman, Minggu (7/5/2023).

Baca Juga: Kejari Muna Kantongi Calon Tersangka Dugaan Korupsi di BPBD Buton Utara

Mantan senator DPD RI itu akan memilih pejabat yang benar-benar loyal dan berkinerja baik. Ia mengaku, sudah mengetahui karakter dan kemampuan birokrasinya. Jadi, ia tekankan agar, jangan selalu melakukan manuver untuk mendapatkan jabatan.

"Jangan selalu kejar jabatan. Kuncinya, kerja yang baik dan benar saja," tegasnya.

Wakil Bupati (Wabup), Bachrun Labuta menerangkan, modal utama ASN adalah loyal pada pimpinan. ASN, malas dan belum mempu bekerja, menurutnya, mudah diperbaiki.

"Loyal itu lahir dari hati dan sanubari kita dan sangat sulit dibenahi," ujarnya.

Ia sangat sepakat dengan bupati dalam menentukan jabatan seseorang, tolak ukurnya loyalitas. Karena, ASN yang loyal akan berusaha semampunya mencegah pimpinannya untuk tidak terperosok dalam jurang masalah, meski bisa saja dia dibenci.

Sementara itu, Ketua Pansel Lelang Jabatan, Eddy Uga menerangkan, hasil tes asessmen, penulisan makalah, presentase dan wawancara telah di upload pada aplikasi Sijabti KASN. Selanjutnya, akan dilakukan pembobotan nilai secara keseluruhan.

"Insya Allah dalam waktu dekat, hasilnya akan diumumkan," katanya.

Baca Juga: Pasca Kebakaran, Pemda Muna Barat Tanggap Turunkan Bantuan

Eddy yang juga Sekda Muna itu menerangkan, dari tiga nama yang mendapatkan nilai tertinggi menjadi kewenangan penuh bupati selaku pejabat pembina kepegawaian (PPK) memilih satu.

"Sebagai user (pengguna), bupati yang tentukan siapa yang akan dilantik," ujarnya.

Adapun 16 Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama (JPTP) yang dilelang meliputi Dinas PTSP, Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan, Dinas Kesehatan, Dinas Sosial, Dinas Perdagin, Dinas P3A, Dinas Koperasi, BPKAD, Dinas Peternakan, Dinas PUPR, Balitbang, Satpol PP, Dinas Capilduk, Dinas Kominfo dan Persandian, BPBD dan Asisten III. (A)

Penulis: Sunaryo

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga