Bupati Muna Luncurkan Kartu Tani

Sunaryo, telisik indonesia
Rabu, 23 September 2020
0 dilihat
Bupati Muna Luncurkan Kartu Tani
Bupati Muna, LM Rusman Emba menyerahkan Kartu Tani pada petani. Foto: Sunaryo/Telisik

" Kartu ini seperti ATM sebagai alat membayar untuk membeli pupuk dan pestisida. "

MUNA, TELISIK.ID - Bupati Muna, LM Rusman Emba memberi perhatian serius pada para petani. Untuk membantu petani dalam mengembangkan pertanian, Rusman meluncurkan program Kartu Tani.

Kartu Tani tersebut menurut Rusman, bisa digunakan untuk mendapatkan KUR di Bank Negara Indonesia (BNI) dan menebus pupuk bersubsidi di setiap kios pengecer.

"Kartu ini seperti ATM sebagai alat membayar untuk membeli pupuk dan pestisida," kata Rusman, Rabu (23/9/2020).

Sementara itu, Kadis Tanaman Pangan Holtikultura dan Perkebunan (TPHP) Muna, La Ode Anwar Agigi secara teknis menerangkan, untuk mendapatkan Kartu Tani, kelompok tani menyusun Rencana Definitif Kebutuhan Kelompok (RDKK). Selanjutnya, oleh DTPHP, RDKK diinput melalui sistem elektronik. Dari situ, pihak BNI akan menyeleksi.

Baca juga: Haerul Saleh Sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan

"Kalau memenuhi syarat, pihak bank langsung mengeluarkan kartu," ujarnya.

Untuk tahun 2021 nanti, di setiap pembelian pupuk dan pestisida, tidak lagi menggunakan uang tunai. Melainkan, menggunakan kartu tani.

"Harganya lebih murah," sebutnya.

Saat ini, jumlah petani yang telah mengantongi Kartu Tani di 22 kecamatan baru sekitar 2.000 petani. Ke depan, diharapkan masih bisa bertambah, sehingga mempermudah petani dalam mendapatkan pupuk dan pestisida bersubsidi.

Reporter: Sunaryo

Editor: Haerani Hambali

TAG:
Baca Juga