Cara Ampuh Tambah Followers di Tiktok, Rahasia Para Tiktokers

Adinda Septia Putri, telisik indonesia
Kamis, 06 Juli 2023
0 dilihat
Cara Ampuh Tambah Followers di Tiktok, Rahasia Para Tiktokers
Bagi Anda yang berniat menjadi TikTokers, Anda perlu beberapa trik untuk menambah followers. Foto: Repro Pintartekno.id

" Bagi Anda yang berniat untuk memupuk karir sebagai TikToker atau sebagai owner online shop yang sukses, bisa melakukan beberapa cara agar followers Anda bertambah "

KENDARI, TELISIK.ID - TikTok saat ini jadi platform yang banyak digandrungi masyarakat dunia maupun Indonesia. Banyak orang berlomba untuk populer lewat TikTok, atau menjadikan TikTok sebagai media pemasaran.

Bagi Anda yang berniat untuk memupuk karir sebagai TikToker atau sebagai owner online shop yang sukses, bisa melakukan beberapa cara agar followers Anda bertambah. Berikut tipsnya dilansir dari Inet.detik.com dan Katadata.co.id.

1. Identifikasi Target Audiens

Langkah pertama dalam cara menambah followers TikTok yaitu dengan memastikan kamu tahu siapa yang menjadi target kontenmu

Berikut adalah langkah-langkah untuk mengidentifikasi target audiens:

- Melihat pesaing dan influencer di industri yang kamu sedang dalami. Langkah ini akan membantu kamu untuk mengetahui jenis konten apa yang mereka posting dan akan kamu posting.

- Pelajari video paling populer untuk bisa kamu gunakan dalam rangka menghasilkan ide unik kontenmu.

- Luangkan waktu untuk menganalisa kembali feedback dari followers/pelanggan kamu, dari konten yang sudah kamu posting.

2. Ikuti dan Pahami Tren

Tren merupakan hal penting di TikTok, karena jenis video yang sedang tren bisa mengantar para pengguna untuk melihat profil dan kontenmu. Di sini, kamu bisa coba membuat video serupa dalam memanfaatkan tren TikTok yang relevan.

3. Buat Video Sendiri untuk Mendapat Pertimbangan TikTok

Kamu juga bisa membuat video sesuai dengan versimu sendiri, alih-alih mengikuti video yang sedang tren atau viral lainnya. Hal ini memang menjadi salah satu tantangan, namun dengan mencobanya kamu bisa menganalisa konten apa yang cocok untuk merek maupun branding profil kamu.

Baca Juga: Deretan Orang dengan Followers Terbanyak di Dunia, Capai 389 Juta

Hal ini juga yang dilakukan MoonPie, contohnya dengan #MoonPieChalleng di TikTok. Dimana, video itu berhasil diikuti dengan beberapa video tantangan lainnya.

4. Pilih Hashtag yang Tepat

Cara menambah followers TikTok berikutnya yang juga bisa kamu coba yaitu dengan menggunakan hashtag yang tepat. Tagar (tanda pagar) atau hashtag tagar sangat penting, karena bisa membantu pengguna menemukan konten TikTok milikmu.

Tapi, kamu perlu membuat hashtag tersebut yang benar-benar relevan dengan apa yang kamu posting. Kalau tidak, nantinya hal itu akan hanya terlihat seperti spam. Jangan lupa untuk menyertakan tagar #fyp atau #foryou yang selalu populer.

Meskipun pengaruh hastag ini belum dikonfirmasi ampuh untuk bisa masuk di FYP, tapi hal ini memungkinkan penggunaannya bisa memperluas jangkauan konten.

5. Publikasikan Konten di Waktu yang Tepat

Hal ini dilakukan untuk melihat keterjangkauan video dengan memeriksa analitik akunmu. Caranya, di tab followers kamu perlu gulir ke bawah untuk menemukan aktivitas followers. Di sana, kamu bisa melihat hari dan jam berapa followers kamu paling aktif saat menggunakan TikTok.

6. Bagikan Konten Buatan Pengguna

Membagikan konten buatan pengguna/akun lainnya bisa menjadi cara menambah followers TikTok yang bagus. Hal ini bisa membantu untuk menyebarkan berita tentang layanan, memamerkan produk yang banyak disukai, dan memberikan gambaran tentang apa yang diharapkan saat mereka memesan sesuatu dari akunmu.

7. Bekerja Sama dengan Influencer TikTok

Pemasaran influencer merupakan taktik hebat di Instagram, yang saat ini juga dipakai di TikTok. Sehingga, bekerja sama dengan influencer bisa menjadi cara yang bagus untuk menyebarkan informasi tentang bisnis atau akun milikmu.

8. Lakukan Promosi Silang Video TikTok

Cara menambah followers TikTok selanjutnya yaitu dengan menyebarkan konten di platform lain untuk mempromosikan bahwa kamu ada di TikTok. Misalnya, silang ke platform seperti Instagram dan YouTube yang menawarkan konten video bentuk pendek untuk memberi tahu bahwa sebanarnya kamu juga aktif di TikTok.

9. Pakai Fitur TikTok untuk Melibatkan Audiens

Kalau profil kamu ingin lebih banyak dilihat orang, salah satu cara terbaik untuk melakukannya yaitu dengan terlibat dengan video lain. Misalnya membuat video duet atau dengan stitch video TikTok.

Baca Juga: Jadi Artis Wanita dengan Followers Terbanyak, Selena Gomez Malah Rehat Sosmed

Bisa jadi dengan begitu, mereka yang tertarik denganmu akan bisa menyukai, mengomentari, hingga gabungkan/duetkan videomu dengan pengguna lain juga.

10. Gunakan CTA di Akhir Video

Call-to-action (CTA) bisa menjadi tips selanjutnya untuk bisa menambah followers TikTok. CTA sendiri merupakan istilah dalam marketing.

Biasanya, CTA disampaikan di akhir video TikTok untuk membuat pengguna lain mengunjungi profilmu, melihat video serupa, atau mengikuti kamu. Menggunakan CTA yang tepat dan menarik, bisa membantumu menambah followers di TikTok.

11. Iklan TikTok

Kamu juga bisa mencoba menempatkan sebagian anggaran untuk iklan di TikTok. Tujuannya untuk mempromosikan video TikTok milikmu. Meskipun harus mengeluarkan sejumlah uang, tetapi cara ini dinilai ampuh untuk menambah jumlah followers di TikTok. (C)

Penulis: Adinda Septia Putri

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga