Cara Deteksi Bahasa Cinta di Sekitar Tanpa Perlu Tes, Begini Tandanya

Ahmad Jaelani, telisik indonesia
Kamis, 29 Agustus 2024
0 dilihat
Cara Deteksi Bahasa Cinta di Sekitar Tanpa Perlu Tes, Begini Tandanya
Tanda-tanda bahasa cinta biasanya terlihat dari cara seseorang menunjukkan kasih sayang, dan perhatian kepada orang lain. Foto: Repro Live Sciense

" Dalam teorinya, Chapman menyebutkan lima cara utama yang digunakan seseorang untuk menerima dan mengungkapkan cinta "

JAKARTA, TELISIK.ID - Bahasa cinta atau yang sering disebut love language, kini semakin populer dan mudah diketahui melalui tes daring. Tanpa disadari, sebenarnya love language seseorang dapat dideteksi tanpa harus mengikuti tes.

Love language pertama kali diperkenalkan oleh Gary Chapman dalam bukunya "The Five Love Languages." Dalam teorinya, Chapman menyebutkan lima cara utama yang digunakan seseorang untuk menerima dan mengungkapkan cinta.

Kategori tersebut adalah kata afirmasi (words of affirmation), waktu berkualitas (quality time), sentuhan fisik (physical touch), tindakan pelayanan (acts of service), dan pemberian hadiah (gift giving).

Berikut ini love language dan maknanya:

Sentuhan Fisik

Mengutip cnnindonesia.com, Sabtu (29/8/2024),  jika pasangan Anda sering memberikan sentuhan fisik, seperti memeluk, mencium, atau menyentuh secara lembut, kemungkinan besar sentuhan fisik adalah bahasa cinta utamanya.

Orang dengan love language ini merasa dicintai ketika mereka bisa merasakan kontak fisik yang hangat dan penuh perhatian dari pasangannya. Meski tidak sedang dalam suasana romantis, sentuhan seperti mengelus kepala atau memegang tangan bisa menjadi cara dia mengungkapkan cinta.

Baca Juga: Enam Kebiasaan Bikin Tak Dihargai Orang Lain

Kata Afirmasi

Orang dengan love language kata afirmasi biasanya menyukai ketika Anda mengungkapkan perasaan lewat kata-kata. Mereka merasa sangat dihargai saat menerima pujian, ucapan cinta, atau kata-kata penyemangat.

Jika pasangan Anda senang mengoleksi pesan-pesan manis atau sering tersenyum saat mendengar pujian, maka besar kemungkinan love language utamanya adalah kata afirmasi.

Perhatikan juga reaksi mereka terhadap kritikan, orang dengan love language ini cenderung lebih peka terhadap kata-kata yang diucapkan.

Waktu Berkualitas

Dilansir dari fimela.com, bagi beberapa orang, kehadiran dan perhatian penuh dari pasangan adalah hal yang paling mereka dambakan.

Jika pasangan Anda sering mengajak untuk menghabiskan waktu bersama, seperti berjalan-jalan, mengobrol santai, atau sekadar duduk berdua, mungkin love language mereka adalah waktu berkualitas.

Orang dengan love language ini merasa dicintai ketika Anda meluangkan waktu khusus untuk mereka, tanpa gangguan dari aktivitas lain. Mereka tidak suka hubungan jarak jauh dan lebih menghargai kehadiran Anda secara fisik.

Baca Juga: Cuitan Pertama Audrey Davis Usai Tersandung Skandal Video Syur, Pertanyakan Jati Diri

Pemberian Hadiah

Jika pasangan Anda selalu merasa bahagia saat menerima hadiah, meskipun kecil, ini bisa menjadi tanda bahwa bahasa cinta utamanya adalah pemberian hadiah. Bagi mereka, hadiah bukan sekadar benda, tetapi simbol cinta dan perhatian.

Mereka merasa istimewa saat menerima sesuatu, baik itu dalam momen khusus maupun tidak. Penting untuk diingat, bukan nilai hadiah yang penting, tetapi niat dan perhatian di balik pemberian tersebut.

Tindakan Pelayanan

Orang dengan love language tindakan pelayanan merasa dicintai ketika Andau melakukan sesuatu untuk membantu mereka. Ini bisa berupa hal kecil seperti menjemput mereka dari tempat kerja, atau hal besar seperti membantu menyelesaikan tugas-tugas rumah tangga.

Jika pasangan Anda tampak sangat bahagia saat Anda membantu mereka, dan mungkin merasa kecewa jika Anda tidak melakukannya, ini bisa menjadi indikasi bahwa tindakan pelayanan adalah bahasa cinta mereka. (C)

Penulis: Ahmad Jaelani

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga