Cara Ini Diklaim Tingkatkan Kualitas Sperma, Cocok untuk Promil

Ahmad Jaelani, telisik indonesia
Jumat, 23 Februari 2024
0 dilihat
Cara Ini Diklaim Tingkatkan Kualitas Sperma, Cocok untuk Promil
Dengan memperbaiki kualitas sperma, peluang pasangan untuk memiliki momongan menjadi lebih besar. Foto: Repro Istockphoto

" Beberapa pria mengalami masalah dengan sperma encer atau cair, bisa disebabkan oleh berbagai faktor seperti nutrisi dan frekuensi ejakulasi "

KENDARI, TELISIK.ID - Sperma encer seringkali menjadi indikator masalah kesuburan. Dengan meningkatkan kualitas sperma, pasangan dapat memiliki peluang besar untuk memiliki momongan.

Kualitas sperma yang sehat penting bagi kesuburan pria. Sperma sehat biasanya memiliki tekstur kental dan berwarna putih pucat serta jumlah yang cukup saat ejakulasi.

Namun, beberapa pria mengalami masalah dengan sperma encer atau cair, bisa disebabkan oleh berbagai faktor seperti nutrisi dan frekuensi ejakulasi.

Bersumber dari alodokter.com, menjaga berat badan yang ideal dan mengonsumsi makanan bergizi adalah kunci dalam meningkatkan kualitas sperma. Penelitian menunjukkan bahwa pria dengan berat badan ideal cenderung memiliki kualitas sperma yang lebih baik.

Konsumsi makanan bergizi seperti sayuran, buah-buahan, dan sumber protein serta menghindari rokok dan alkohol, juga penting dalam menjaga kesehatan sperma.

Baca Juga: Bahayakah Menelan Sperma Saat Oral Seks?

Tidur yang cukup juga berperan dalam meningkatkan kualitas sperma. Kurang tidur dapat berdampak negatif pada kualitas sperma.

Penggunaan pelumas saat berhubungan seksual juga dapat menghambat pergerakan sperma, sehingga sebaiknya dihindari terutama bagi pasangan yang sedang menjalani program hamil.

Jika semua cara tersebut tidak memberikan hasil yang diharapkan, berkonsultasilah dengan dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Sementara itu, melansir, halodoc.com, Para ahli juga merekomendasikan beberapa jenis makanan yang dapat meningkatkan kualitas sperma pada pria.

Taoge, kaya akan vitamin E, dapat melindungi sperma dari kerusakan sel. Wortel, mengandung karotenoid yang dapat meningkatkan motilitas dan morfologi sperma.

Baca Juga: Cara Ini Diklaim Bisa Atasi Ejakulasi Dini

Kerang-kerangan, seperti tiram dan remis, mengandung seng yang membantu produksi sperma dan testosteron serta zat besi yang melancarkan aliran darah ke alat genital.

Menjalani pola makan sehat dengan memperbanyak konsumsi makanan-makanan tersebut dapat membantu meningkatkan kualitas sperma.

Penting untuk diingat bahwa setiap tubuh berbeda, oleh karena itu konsultasikan dengan dokter atau ahli gizi untuk mendapatkan saran yang sesuai dengan kebutuhan individu. (C)

Penulis: Ahmad Jaelani

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga