9 Cara Manjur Sembuhkan Flu Tanpa Obat

Adinda Septia Putri, telisik indonesia
Rabu, 26 Juli 2023
0 dilihat
9 Cara Manjur Sembuhkan Flu Tanpa Obat
Flu bisa sembuh tanpa minum obat, salah satunya dengan banyak minum air putih. Foto: Repro Kontan.co.ud

" Cara menghilangkan pilek dengan cepat adalah dengan membuat tubuh terus terhidrasi. Maka dari itu, penderita pilek perlu minum air putih yang banyak "

KENDARI, TELISIK.ID - Musim pancaroba membuat tubuh mudah terserang flu. Penyakit ini ditandai dengan hidung yang berlendir, suara parau, dan kadang pula disertai demam dan batuk.

Dilansir dari Toraja.tribunnews.com, penyakit flu atau biasa juga disebut pilek, merupakan penyakit yang disebabkan oleh virus dan paling umum dialami masyarakat. Flu atau pilek adalah infeksi di saluran pernapasan yang disebabkan oleh virus.  

Terdapat beberapa gejala yang sering ditimbulkan flu, di antaranya hidung tersumbat, sakit tenggorokan, sakit menelan, suara serak, batuk dan masih banyak lagi gejala flu lainnya. Virus yang menyebabkan flu sangat mudah menular terlebih di masa pandemi COVID-19 yang mempunyai beberapa gejala serupa dengan flu.

Dikutip dari Cnnindonesia.com, berikut cara agar cepat sembuh dari pilek secara alami tanpa perlu mengonsumsi obat.

1. Minum air putih

Cara menghilangkan pilek dengan cepat adalah dengan membuat tubuh terus terhidrasi. Maka dari itu, penderita pilek perlu minum air putih yang banyak.

Cairan bisa membuat lendir mudah keluar dari tubuh. Maka dari itu, minumlah yang banyak, misalnya melebihkan 2-3 gelas per hari dari konsumsi normal.

Tak hanya bagi orang dewasa, hal ini juga bisa menjadi cara mengatasi pilek pada bayi.

2. Minum cairan hangat

Cara menyembuhkan pilek dengan cepat selanjutnya adalah minum cairan hangat, seperti air putih hangat, teh hangat, hingga kuah sup ayam. Sebab, cairan hangat juga mempercepat keluarnya lendir dari tubuh.

3. Minum madu

Studi menunjukkan minum madu bisa membantu mengurangi pilek dan batuk pada anak. Namun perlu diingat, jangan berikan madu untuk menghilangkan pilek kepada bayi atau anak di bawah 1 tahun.

Baca Juga: Cara Sembuhkan Pilek dan Flu Pakai Bawang Putih

Cara menghilangkan pilek pakai madu bisa dengan mengonsumsinya langsung, melarutkannya dalam segelas air, atau mencampurkan ke makanan.

4. Pasang pelembap udara

Anda juga bisa menggunakan pelembap udara atau humidifier untuk menghilangkan pilek. Caranya, gunakan pelembap udara ketika Anda tidur di malam hari. Uap yang dihasilkan dari pelembap udara dapat membantu melonggarkan sistem pernapasan sehingga memudahkan napas dan mengencerkan lendir.

5. Semprotan air garam dan baking soda

Cara meredakan pilek selanjutnya adalah dengan menggunakan campuran air matang dengan garam dan baking soda. Sebab, campuran ini bisa membersihkan hidung, sehingga lendir cepat keluar.

Caranya, rebus secangkir air sampai matang. Kemudian, masukkan satu sendok teh garam dan satu sendok teh baking soda. Tunggu hingga suhu air setara suhu ruangan. Lalu, semprotkan campuran air tersebut ke hidung. Anda bisa menggunakan botol semprot yang diarahkan ke hidung.

6. Mengoleskan minyak esensial

Sejumlah minyak esensial dipercaya dapat meringankan gejala pilek serta melindungi tubuh dari infeksi akibat serangan virus. Minyak esensial yang bisa digunakan antara lain kayu putih, tea tree oil, cengkih, kayu manis, dan peppermint.

Di samping itu, berkat aromanya yang kuat, minyak-minyak esensial ini berguna untuk membersihkan saluran hidung, melegakan hidung tersumbat, serta mengurangi sakit kepala.

7. Minum jus bit

Studi menunjukkan minum jus buah bit bisa meredakan gejala pilek dengan cepat. Sebab, bit mengandung nitrat yang tinggi. Nitrat pada bit bisa meningkatkan produksi oksida nitrat di dalam tubuh.

Baca Juga: Ini Minuman dan Makanan yang Perlu Kamu Hindari Saat Flu

Zat ini dibutuhkan untuk melindungi tubuh dari infeksi pernapasan, termasuk pilek.

8. Minum probiotik

Minuman probiotik seperti yoghurt mengandung Lactobacillus. Bakteri ini memberikan perlindungan atau kekebalan imun untuk melawan virus yang menyerang organ pernapasan, sehingga Anda pulih lebih cepat.

9. Banyak istirahat

Cara menghilangkan pilek dengan cepat yaitu dengan memperbanyak beristirahat. Dengan beristirahat, sistem kekebalan tubuh akan meningkat dan mampu melawan virus penyebab pilek dan flu.

Selain itu, batasi aktivitas yang melelahkan sementara waktu agar mempercepat pemulihan sekaligus mencegah penularan virus ke orang lain. (C)

Penulis: Adinda Septia Putri

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga