Catat, 5 Rempah Ini Bisa Jadi Pengganti Gula untuk Masakan Anda

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Rabu, 08 Juni 2022
0 dilihat
Catat, 5 Rempah Ini Bisa Jadi Pengganti Gula untuk Masakan Anda
Gula sebagai bahan makanan yang dipakai sebagai penyedap rasa manis pada makanan. Foto: Repro hellosehat.com

" Gula ditemukan di jaringan sebagian besar tumbuhan. Madu dan buah merupakan sumber alami gula sederhana yang berlimpah "

KENDARI, TELISIK.ID - Salah satu bumbu makanan yang saji tersedia di dapur adalah gula. Bahkan menjadi salah satu komponen penting dalam dunia makanan.

Dikutip dari pakarkimia.com, gula adalah nama generik untuk rasa manis, karbohidrat yang larut, banyak di antaranya digunakan dalam makanan.

Gula ditemukan di jaringan sebagian besar tumbuhan. Madu dan buah merupakan sumber alami gula sederhana yang berlimpah.

Sebagai penyedap alami, gula bukan sesuatu yang langka untuk ditemukan. Namun ada beberapa rempah-rempah yang bisa jadi pengganti gula.

Melansir yoursay.id dari hellosehat.ccom berikut rempah-rempah yang bisa dimanfaatkan untuk mengganti gula sebagai penyedap rasa pada makanan:

1. Vanili

Vanili merupakan tanaman Vanila Planifolia, sejenis kacang polong yang bentuknya panjang serta tipis. Tanaman ini mengeluarkan aroma yang manis dan berwarna cokelat gelap.

Tanaman ini banyak digunakan sebagai bumbu masakan pengganti gula. Vanili sendiri termasuk golongan polifenol yang memiliki sifat antioksidan yang kuat.

Anda yang memiliki masalah kolesterol tinggi, menambahkan vanili ke dalam makanan dapat membantu menurunkan kadar kolesterol tubuh. Selain itu, rempah yang satu ini bisa membantu meredakan radang sendi, asam urat, dan kondisi peradangan lainnya.

2. Kayu Manis

Kayu Manis memiliki rasa manis alami yang dapat digunakan dalam bentuk bubuk maupun kayu kering. Umumnya, rempah-rempah ini berguna sebagai pengganti gula merah yang biasa Anda gunakan.

Manfaat kayu manis antara lain menghambat pelepasan gula ke dalam aliran darah sehingga mencegah perasaan ngidam makanan manis. Berat badan dan gula darah Anda tidak akan cepat naik setelah makan.

3. Kapulaga

Kapulaga merupakan pemanis alami yang lebih aman dari gula. Kapulaga mempunyai rasa yang cukup manis sehingga cocok sebagai pengganti gula. Kapulaga mempunyai sifat antioksidan sehingga mampu mencegah penyakit jantung dan kanker.

Baca Juga: Bisa Dicoba, Ini 6 Penyedap Rasa Alami Pengganti MSG

Selain itu, kandungan antioksidannya juga dapat membantu memperkuat sel-sel tubuh saat melawan efek radikal bebas yang dapat memicu timbulnya penyakit.

4. Cengkeh

Rempah yang satu ini mempunyai aroma yang khas dan rasa manis. Itulah mengapa cengkeh banyak digunakan sebagai pengganti gula pada berbagai jenis masakan dan sajian teh. Cengkeh mengandung serat, vitamin, mineral, dan antioksidan yang bermanfaat untuk kesehatan.

Baca Juga: Kenali Gejala Decidophobia, Rasa Takut Mengambil Keputusan

Selain itu, cengkeh juga mengandung senyawa bernama eugenol, suatu antioksidan alami yang nyatanya lima kali lebih ampuh menangkal radikal bebas daripada vitamin E.

5. Buah Pala

Siapa sangka, buah pala bisa berguna untuk pengganti gula dan penyedap rasa pada makanan. Buah pala mempunyai segudang manfaat untuk kesehatan.

Dengan menambahkannya sebagai bumbu masakan, Anda bisa mengurangi nyeri yang terkait dengan luka, stres parah, dan berbagai jenis peradangan seperti arthritis (radang sendi). (C)

Penulis: Fitrah Nugraha

Editor: Haerani Hambali

Artikel Terkait
Baca Juga