Resep Enak dan Sehat ala dr. Zaidul Akbar, Rontokkan Lemak Akibat Makan Daging

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Senin, 11 Juli 2022
0 dilihat
Resep Enak dan Sehat ala dr. Zaidul Akbar, Rontokkan Lemak Akibat Makan Daging
Serei merupakan bumbu dapur yang ternyata bisa merontokkan lemak, cocok disajikan sebagai minuman sehat. Foto: Repro grid.id

" Dokter Zaidul Akbar menyarankan minuman yang mudah, murah, serta beberapa bahannya menggunakan rempah yang biasa ada di dapur, sebagai perontok lemak akibat mengkonsumsi daging "

KENDARI, TELISIK.ID - Momen hari raya Idul Adha selalu identik dengan masakan yang terbuat dari olahan daging kurban seperti gulai, kari, tongseng, dan sebagainya.

Namun di balik nikmatnya olahan daging kurban, tak sedikit lemak yang bisa saja berbahaya bagi tubuh, apabila jika makanan tersebut dikonsumsi berlebihan.

Melansir dari mapaybandung.com, berikut ini resep minuman perontok lemak ala dr. Zaidul Akbar, mudah, murah, serta beberapa bahannya menggunakan rempah yang biasa ada di dapur.

Bahan:

- Serai 3 batang

- Daun jeruk 3 lembar

- Maca 1 sdt

- Gula aren sesuai selera

- Air putih 600 ml.

Baca Juga: Ini Makanan dan Minuman Penurun Kolesterol Usai Makan Daging Kurban, Dijamin Ampuh

Rebus terlebih dahulu serai, daun jeruk, gula aren dengan 600 ml air hingga mendidih. Angkat dan tuang dalam gelas, lalu tunggu hingga hangat. Kemudian, kita bisa menambahkan 1 sendok teh maca. Selesai, minuman siap untuk diminum. Disarankan untuk mengkonsumsi resep ini selagi hangat.

Keseringan mengkonsumsi makanan tinggi lemak termasuk daging kurban, bisa memicu terjadinya hipertensi.

Dikutip dari seputarlampung.com, air rebusan serai mengandung sedikit kalori. Sehingga baik untuk diet dan menurunkan berat badan. Air rebusan serai juga membuat lebih kenyang dan mencegah makan berlebihan.

Rebusan serai mengandung polifenol untuk meningkatkan pengeluaran energi dan oksidasi lemak, sehingga bisa menurunkan berat badan.

Baca Juga: Sangat Mudah Ditemukan di Sekitar Kita, Ini 4 Obat Alami Asam Urat

Dokter Zaidul Akbar juga mengingatkan usai mengkonsumsi minuman herbal penurun berat badan, disarankan untuk menjaga dan memperhatikan pola hidup sehat, yakni makanan dan minuman harus seimbang dengan olahraga teratur.

"Serai ini mengandung minyak asiri kayak sitrat, sitronelol, geraniol, eugenol dan metileugenol, yang sangat baik untuk menormalkan tekanan darah, dan peluruh air seni, keringat, dahak, hingga mampu melawan dan menyembuhkan infeksi," tutur dr. Zaidul Akbar.

Dikutip dari wikipedia.com, serai atau sereh adalah tumbuhan anggota suku rumput-rumputan yang dimanfaatkan sebagai bumbu dapur untuk mengharumkan makanan. Minyak serai adalah minyak atsiri yang diperoleh dengan jalan menyuling bagian atas tumbuhan tersebut.  (C)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Haerani Hambali

Artikel Terkait
Baca Juga