Cegah Gagal Panen, Petani di Bombana Dapat Bantuan Mesin Pompa Air

Melsandy Wauda, telisik indonesia
Kamis, 19 Oktober 2023
0 dilihat
Cegah Gagal Panen, Petani di Bombana Dapat Bantuan Mesin Pompa Air
Petani Desa Lantari Jaya dan Rarowatu Utara, Bombana, diberikan bantuan mesin pompa air Alcon. Foto: Ist.

" Untuk menanggulangi gagal panen selama musim kemarau panjang, petani di Bombana diberikan bantuan mesin pompa air Alcon "

BOMBANA, TELISIK.ID - Untuk menanggulangi gagal panen selama musim kemarau panjang, petani di Bombana diberikan bantuan mesin pompa air Alcon. Petani di wilayah Lantari Jaya dan Rarowatu Utara yang beruntung menerima bantuan itu, Rabu (18/10/2023).

Pemerintah Bombana dan jajarannya beserta anggota DPR RI, Rusda Mahmud, hadir dalam penyaluran bantuan tersebut, di Desa Lomba Kasih.

Pada saat ini masyarakat sedang menghadapi musim kemarau panjang hingga menyebabkan kekeringan di beberapa wilayah Kabupaten Bombana dan terancam mengalami gagal panen.

Pemberian bantuan ini sudah tiga tahun dilakukan kepada petani penerima manfaat, yang dananya bersumber dari APBN dan APBD, guna mengoptimalkan pelayanan pemerintah di bidang pertanian.

Sekretaris Daerah Kabupaten Bombana, Man Arfa mengatakan, Bombana adalah salah satu daerah sentra pertanian terbesar di Sulawesi Tenggara dan sangat berpotensi untuk dikembangkan.

Baca Juga: Puncak Kemarau Diprediksi Hingga September, Potensi Gagal Panen

"Produksi padi kita berkisar 5 sampai 6 ton per hektare," ungkap Man Afra.

Selain musim kemarau, pemerintah dan masyarakat sedang menghadapi isu nasional yaitu stunting dan sektor pertanian sangat memiliki peranan yang penting dalam hal perbaikan gizi masyarakat melalui produksi pangan yang berkualitas.

Pemerintah sangat berharap masyarakat bisa bekerja sama dalam menggunakan dan memanfaatkan bantuan pemerintah dengan baik.

"Jangan lagi saya dengar bahwa bantuan ini diperjualbelikan. Apabila terjadi hal tersebut, maka akan ditarik kembali," tegasnya.

Baca Juga: 210 Hektare Lahan Sawah di Kota Kendari Terancam Gagal Panen Akibat Elnino

Pemerintah juga berterima kasih kepada anggota komisi VII DPR RI, Rusda Mahmud, yang sudah mengaspirasikan bantuan ini dan memperhatikan pertanian di Kabupaten Bombana.

"Harapan saya, agar pemerintah dapat mengawasi bantuan ini tepat sasaran atau tidak," ungkap Rusda.

Masyarakat sangat terbantu dengan mesin pompa air ini. (B)

Penulis: Melsandy Wauda

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga