Cegah Inflasi, Pemkab Kolaka Utara Kembali Salurkan Ratusan Paket Kebutuhan Pokok

Muh. Risal H, telisik indonesia
Jumat, 18 November 2022
0 dilihat
Cegah Inflasi, Pemkab Kolaka Utara Kembali Salurkan Ratusan Paket Kebutuhan Pokok
Penjabat Bupati Kolaka Utara, Parinringi, S.E., M.Si. bersama Ketua DPRD Kolaka Utara, Buhari, S.Kel., M.Si. dan Kadis Sosial, H. Saenal Ahmad, S.E. menyalurkan bantuan kebutuhan pokok di Kecamatan Pakue. Foto: Ist.

" Pendistribusian bantuan di empat kecamatan kali ini masih tindak lanjut dari kegiatan penanganan pencegahan inflasi daerah efek kenaikan BBM "

KOLAKA UTARA, TELISIK.ID - Pemerintah Kabupaten Kolaka Utara melalui Dinas Sosial kembali menyalurkan ratusan paket kebutuhan pokok bagi masyarakat kurang mampu di empat kecamatan.

Pemberian bantuan empat jenis kebutuhan pokok tersebut merupakan salah satu upaya pemerintah daerah untuk mencegah inflasi, sebagai imbas kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) subsidi yang telah ditetapkan pemerintah pusat beberapa bulan lalu.

Kepala Dinas Sosial Kolaka Utara, H. Saenal Ahmad, S.E. menuturkan, pendistribusian bantuan di empat kecamatan kali ini masih tindak lanjut dari kegiatan penanganan pencegahan inflasi daerah efek kenaikan BBM.

Baca Juga: Sempat Dilelang, Peningkatan Jalan Lamodandu Muna Batal

"Kegiatan ini masih lanjutan yang kemarin, jenis bantuannya pun juga sama yakni beras 10 kilogram, susu satu kaleng, mi instan satu bal, dan minyak goreng ukuran satu kilogram," terangnya, Jumat (18/11/2022).

Pj Bupati Kolaka Utara bersama Ketua Komisi III DPRD Kolaka Utara dan Asisten I Setda Kolaka Utara, menyalurkan bantuan sosial di Kecamatan Watunohu. Foto: Diskominfo Kolaka Utara

 

Lebih lanjut ia menyampaikan, tidak semua desa menerima paket bantuan. Hal ini dikarenakan minimnya anggaran sehingga pihaknya hanya mampu menyiapkan sekitar 900 paket kebutuhan pokok.

"Tidak semua dapat dan hanya diberikan kepada warga yang betul-betul kurang mampu dan terdampak kenaikan BBM," terangnya.

Sementara itu, Penjabat Bupati Kolaka Utara, Panriringi, S.E., M,Si. menyatakan, secara statistik rujukan inflasi di Sulawesi Tenggara yakni Kota Kendari dan Baubau.

"Untuk Kabupaten Kolaka Utara masih kategori normal dan tidak terlalu berdampak. Meski demikian, pemerintah daerah bersama Forkopimda tetap berupaya melakukan pencegahan," jelasnya.

Salah satu upaya yang dilakukan Pemda Kolaka Utara, lanjutnya, yakni dengan memberikan bantuan stimulan atau bantuan sosial berupa paket kebutuhan pokok.

Pj Bupati Kolaka Utara, Ketua DPRD Kolaka Utara dan Kadis Sosial menyalurkan langsung bantuan kebutuhan pokok di Kecamatan Tolala. Foto: Ist.

 

“Bantuan sembako yang dibagikan merupakan bantuan Pemerintah Kolaka Utara kepada masyarakat sebagai upaya mencegah inflasi dampak kebijakan kenaikan BBM bersubsidi. Anggarannya bersumber dari DAU sebesar 2 persen," bebernya.

Saat menyalurkan langsung 120 paket kebutuhan pokok di Kecamatan Tolala, Kadis DPM PTSP Sulawesi Tenggara ini kembali menyampaikan rencana pembangunan pabrik smelter nikel di wilayah tersebut.

Karena itu, ia berharap masyarakat Kolaka Utara dan terkhusus masyarakat Kecamatan Tolala mendukung penuh proses perencanaan pembangunan pabrik itu.

"Potensi Kecamatan Tolala begitu besar dan semoga apa yang direncanakan bisa diwujudkan. Harapan kami, berikan kenyamanan dan keamanan para investor untuk berinvestasi agar daerah ini bisa lebih maju seperti daerah lainnya," pintanya.

Menurutnya, kehadiran industri smelter di Kabupaten Kolaka Utara dapat menyerap ribuan tenaga kerja lokal dan mendorong perputaran ekonomi.

"Kabupaten Morowali bisa jadi contoh kehadiran pabrik smelter telah menyerap puluhan ribu tenaga kerja dan jika ini terwujud di Kolaka Utara, maka yakinlah ke depan Kecamatan Tolala akan menjadi masa depan Indonesia," imbuhnya.

Terkait bantuan yang telah disalurkan ke masyarakat, Ketua Percepatan Investasi di Sulawesi Tenggara ini berharap, bantuan tersebut dapat bermanfaat bagi masyarakat kecil khususnya mereka yang terdampak dan betul-betul layak untuk menerima.

"Meski nilainya tidak seberapa, kami berharap bantuan itu dapat sedikit meringankan beban masyarakat," pungkasnya.

Sebelumnya, Rabu (12/10/2022), Penjabat Bupati Kolaka Utara bersama Forkopimda dan OPD terkait telah menyalurkan ratusan paket kebutuhan pokok di Kecamatan Lasusua, Kecamatan Pakue Utara, dan Kecamatan Tolala.

Selanjutnya, Selasa (15/11/2022) Pj bupati bersama rombongan kembali menyalurkan 140 paket kebutuhan pokok di Kecamatan Lambai dan 155 paket di Kecamatan Watunohu.

Terakhir, Rabu (16/11/2022) Parinringi didampingi Ketua DPRD Kolaka Utara, kadis sosial dan rombongan lainnya mendistribusikan bantuan sebanyak 120 paket di Kecamatan Tolala dan 290 paket bantuan untuk masyarakat Kecamatan Pakue. Ratusan paket kebutuhan pokok itu diperuntukkan kepada 20 kepala keluarga (KK).

Baca Juga: Cuaca Buruk, Masjid Bombana Tertimpa Pohon

Selain memberikan bantuan kebutuhan pokok, sebagai upaya penanggulangan inflasi, Pemda Kolaka Utara juga menggelar pasar murah di 15 kecamatan, memantau langsung harga kebutuhan pokok di Pasar Sentral Lacaria Lasusua.

Juga memantau pendistribusian BBM subsidi di SPBU dan melakukan serta mengarahkan masyarakat menanaman tanaman hortikultura seperti bawang merah, cabai, dan tomat yang bibitnya disediakan pemerintah daerah.

Tidak hanya itu, Pj Bupati Kolaka Utara memerintahkan instansi terkait untuk mengkroscek harga kebutuhan pokok di pasaran secara berkala. (B-Info)

Penulis: Muh Risal H

Editor: Haerani Hambali

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga