Cegah Klaster Baru COVID-19, Wisatawan Luar Dilarang Masuk Bombana

Hir Abrianto, telisik indonesia
Kamis, 24 Desember 2020
0 dilihat
Cegah Klaster Baru COVID-19, Wisatawan Luar Dilarang Masuk Bombana
Destinasi wisata negeri di awan. Foto: Hir/Telisik

" Kami sudah sampaikan kepada pengelola destinasi untuk tidak menerima wisatawan luar, jangan sampai melahirkan klaster baru COVID-19. "

BOMBANA, TELISIK.ID - Pemerintah Kabupaten Bombana membatasi kunjungan wisatawan luar daerah jelang perayaan natal dan tahun baru 2021.

Kepada Telisik.id, Kadis Pariwisata. Pemuda Dan Olahraga Bombana, Janariah mengatakan, sesuai dengan turunan perlarang mengumpulkan banyak orang yang menyebabkan kerumunan, maka wisatawan dari lurah daerah serta wisatawan asing tidak diperbolehkan untuk berkunjung di lokasi-lokasi destinasi wisata yang ada di Bombana.

Destinasi wisata yang sering dikunjungi wisatawan di Bombana seperti Pulau Sagori, Pulau Kondo, Wisata Negeri di Awan, serta tempat-tempat wisata lainnya yang dikelola pemerintah desa dan kelurahan.

"Kami sudah sampaikan kepada pengelola destinasi untuk tidak menerima wisatawan luar, jangan sampai melahirkan klaster baru COVID-19," ujar Janariah, Kamis (24/12/2020).

Baca juga: DPD Partai Demokrat Salurkan Bantuan Korban Banjir Bandang di Kolut

Larangan kunjungan tersebut, kata mantan Camat Kabaena Timur, merupakan upaya penerapan protokol kesehatan di masa pandemi, apalagi arak-arakan atau perayaan tahun baru dengan menciptakan keramaian telah dilarang oleh pemerintah pusat.

"Kami lanjutkan peraturannya, kecuali yang menginap di homestay dan masyarakat Bombana bisa, yang penting pelaksanaan protokol kesehatan diperhatikan," pungkasnya.

Lebih lanjut, Janariah menegaskan, pengecualian bagi wisatawan yang menginap dihomestay pun harus dibuktikan keterangan sehat dan bebas COVID-19.

"Bisa menginap dan menikmati alam, tapi kan yang datang harus dipastikan pernah dirapid. Apalagi kalau wisatawan asing atau dari luar daerah," tegasnya. (B)

Reporter: Hir Abrianto

Editor: Haerani Hambali

TAG:
Artikel Terkait
Baca Juga