Cegah Pencurian Selama Ibadah Haji, Rumah Calon Jemaah Haji di Baubau Diawasi Ketat

Elfinasari, telisik indonesia
Sabtu, 15 Juni 2024
0 dilihat
Cegah Pencurian Selama Ibadah Haji, Rumah Calon Jemaah Haji di Baubau Diawasi Ketat
Satpol PP Kota Baubau awasi ketat rumah calon jemaah selama menunaikan ibadah haji. Foto: Ist.

" Untuk memastikan keamanan rumah dan keluarga Jemaah Calon Haji (JCH) aman selama menunaikan ibadah haji di tanah suci, Pemerintah Kota Baubau mengambil langkah tegas dengan meningkatkan pengawasan "

BAUBAU, TELISIK.ID – Untuk memastikan keamanan rumah dan keluarga Jemaah Calon Haji (JCH) aman selama menunaikan ibadah haji di tanah suci, Pemerintah Kota Baubau mengambil langkah tegas dengan meningkatkan pengawasan.

Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Baubau ditugaskan untuk menjaga dan mengawasi rumah-rumah JCH. Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Satpol PP Kota Baubau, La Ode Muh Takdir.

“Jadi, jumlah jemaah haji dari Kota Baubau mencapai lebih dari 400 orang yang tersebar di berbagai kecamatan dan kelurahan. Mengingat jumlah yang cukup besar, Satpol PP tidak dapat mengawasi semua rumah jemaah sendirian," kata La Ode Muh Takdir, Jumat (14/6/2024).

Baca Juga: Cerita Pemuda Asal Baubau Juara Napak Tilas Oputa Yi Koo hingga Kenalkan Kearifan Lokal Buton di Yogyakarta

"Oleh karena itu, diperlukan keterlibatan dari pemerintah kecamatan dan kelurahan, khususnya Satgas Linmas dan Kasi Trantib,” tambahnya.

Menurut Takdir, selain menjalankan tugas sehari-hari, Satpol PP telah membentuk satu regu khusus yang akan berpatroli setiap hari untuk menjaga dan mengawasi rumah-rumah JCH. Patroli ini bertujuan untuk mencegah terjadinya tindak kriminal seperti pencurian.

Langkah pengawasan ini merupakan tindak lanjut dari arahan Penjabat (Pj) Wali Kota Baubau, Muh Rasman Manafi. Pada acara pelepasan JCH Kota Baubau yang dilaksanakan beberapa hari lalu di Rumah Jabatan Walikota, Muh Rasman Manafi menekankan pentingnya menjaga keamanan rumah-rumah JCH.

“Saya instruksikan Satpol PP Kota Baubau untuk melakukan penjagaan dan pengawasan selama jemaah haji berada di Tanah Suci, mengingat pengalaman tahun lalu pernah terdapat rumah jemaah yang kecurian,” ungkap Pj Wali Kota Baubau.

Baca Juga: Update Jadwal Kapal Pelni dari Pelabuhan Murhum Baubau Periode Juni 2024

Menurut Kepala Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umroh Kantor Kementerian Agama Kota Baubau, Halking menuturkan, pihaknya belum pernah mendengar adanya pencurian di rumah calon jemaah haji.

"Jadi, pengawasan tersebut merupakan salah satu bentuk pencegahan agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan," ungkapnya.

Dengan adanya langkah ini, diharapkan keamanan barang-barang dan keluarga JCH dapat terjaga selama mereka menunaikan ibadah haji. (A)

Penulis: Elfinasari

Editor: Fitrah Nugraha

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga