Cegah Stunting dengan Sanitasi yang Baik

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Kamis, 09 November 2023
0 dilihat
Cegah Stunting dengan Sanitasi yang Baik
Petugas Lini Lapangan BKKBN Sulawesi Tenggara melakukan pemutakhiran penataan keluarga. Foto: Facebook BKKBN Sultra

" Sanitasi yang tidak dijaga kebersihannya menjadi salah satu penyebab stunting. Stunting sendiri saat ini masih menjadi permasalahan serius di Indonesia, termasuk Sulawesi Tenggara "

KENDARI, TELISIK.ID - Sanitasi yang tidak dijaga kebersihannya menjadi salah satu penyebab stunting. Stunting sendiri saat ini masih menjadi permasalahan serius di Indonesia, termasuk Sulawesi Tenggara.

Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Sulawesi Tenggara, Asmar mengatakan, anak mengalami stunting bukan karena akibat kekurangan gizi, tapi juga karena lingkungan tempat tinggal tidak bersih, khususnya sanitasi.

Sanitasi yang buruk, kata dia, dapat menimbulkan penyakit infeksi pada balita serta diare dan kecacingan yang dapat mengganggu proses pencernaan dalam proses penyerapan nutrisi, jika kondisi ini terjadi dalam waktu lama dapat mengakibatkan stunting.

Baca Juga: Penurunan Stunting Jadi Program Prioritas Bapedda Sulawesi Tenggara

“Kalau anak sering sakit diare, itu artinya dia akan banya kekurangan cairan. Ini yang membuat anak akan kekurangan gizi, sehingga akan mengalami stunting,” kata Amar kepada Telisik.id, belum lama ini.

Tim lapangan BKKBN Sulawesi Tenggara saat mengunjungi warga. Foto: Facebook BKKBN Sultra

 

Lebih lanjut, tambah dia, menjaga kebersihan lingkungan dapat dilakukan melalui langkah-langkah sederhana, seperti memastikan kebersihan jamban, penyediaan air bersih yang cukup, serta pemeliharaan sanitasi yang baik.

Olehnya itu, Asmar mengajak masyarakat untuk menjaga kebersihan lingkungan seperti sanitasi ini. Hal ini dilakukan untuk mencegah terjadinya stunting baru.

Baca Juga: Cegah Stunting untuk Generasi Lebih Berkualitas

Sebagai tambahan, dikutip dari kemkes.go.id, salah satu fokus pemerintah saat ini adalah pencegahan stunting. Upaya ini bertujuan agar anak-anak Indonesia dapat tumbuh dan berkembang secara optimal dan maksimal, dengan disertai kemampuan emosional, sosial, dan fisik yang siap untuk belajar, serta mampu berinovasi dan berkompetisi di tingkat global.

Terdapat tiga hal yang harus diperhatikan dalam pencegahan stunting, yaitu perbaikan terhadap pola makan, pola asuh, serta perbaikan sanitasi dan akses air bersih. (B-Adv)

Penulis: Fitrah Nugraha

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga