Daftar 10 Hewan Terlahir Buta, Bagaimana Mereka Menjalani Hidup?

Merdiyanto , telisik indonesia
Senin, 01 Juli 2024
0 dilihat
Daftar 10 Hewan Terlahir Buta, Bagaimana Mereka Menjalani Hidup?
Beberapa spesies hewan lahir tanpa mempunyai kemampuan melihat namun mereka bisa bertahan hidup, salah satunya landak laut atau bulu babi. Foto: Repro Pixabay

" Kemampuan melihat di kalangan hewan sering dianggap sebagai salah satu alat utama untuk bertahan hidup. Namun, ada beberapa spesies tercipta dengan tubuh mengalami kebutaan tapi bisa berkembang biak dan beradaptasi "

KENDARI, TELISIK.ID - Kemampuan melihat di kalangan hewan sering dianggap sebagai salah satu alat utama untuk bertahan hidup. Namun, ada beberapa spesies tercipta dengan tubuh mengalami kebutaan tapi bisa berkembang biak dan beradaptasi.

Dikutip dari Liputan6.com, mereka memiliki cara unik dalam menjalani kehidupannya. Dari teknik berburu sampai membaca situasi lingkungan yang andal, hewan-hewan ini menunjukkan bahwa kekurangan satu indera tidak selalu menjadi penghalang.

Beberapa hewan ini telah beradaptasi untuk mengandalkan indera lain seperti pendengaran, penciuman, atau sentuhan yang jauh lebih tajam dibandingkan spesies lainnya.

Untuk mengetahui lebih lanjut, berikut daftar 10 hewan terlahir buta namun bisa bertahan hidup, yang dirangkum dari berbagai sumber.

1. Landak laut atau bulu babi 

Para peneliti tahu bagaimana mereka bisa melihat, tapi tidak tahu bagaimana sistematikanya. Yang diketahui para peneliti, landak laut memproduksi komponen protein yang sensitif terhadap cahaya dan mampu bergerak ke arah cahaya tersebut.

2. Olm atau Salamander

Salamander Gua Texas hanya dapat dijumpai di perairan kecil di Texas, tetapi hewan ini memiliki keluarga yang sangat mirip dan hanya ada di perairan Eropa.

Olm merupakan salamander albino yang hanya hidup di air, tetapi kedua spesies ini tampaknya berkembang secara mandiri.

Baca Juga: Deretan Hewan dengan Mata Paling Unik di Dunia

Namun olm membuat penasaran para peneliti karena mampu bertahan hidup selama satu abad. Yang sama menariknya adalah metode navigasi olm yang menggunakan reseptor mekanik, kemo, dan elektro untuk memahami dunia mereka yang tidak dapat melihat.

3. Tikus tanah berhidung bintang

Tikus tanah berhidung bintang sering menjadi santapan seperti kucing peliharaan, elang, hingga rubah. Namun tentakel berdaging yang menonjol dari penutup wajah tikus ini berfungsi sebagai pengganti mata dengan mengidentifikasi getaran di bumi serta merasakan medan listrik.

Tikus tanah ini menggunakan sulur yang ada di hidungnya untuk mengetahui kondisi sekitar. Lewat sulur tersebut, tikus tanah berhidung bintang bisa melihat 13 titik sekaligus dalam waktu sama.

4. Mexican tetra

Sebagai spesies yang lahir di perairan yang gelap gulita, setiap tetra Meksiko dilahirkan terpaksa bertahan hidup hanya dengan sentuhan.

Namun ikan-ikan ini berhasil bertahan hidup dengan minimnya mekanisme pertahanan dan hanya mengandalkan alat navigasi yang paling sederhana karena mereka adalah predator puncak di lingkungannya.

5. Tikus tanah telanjang

Berbeda dengan hewan sebelumnya, tikus tanah telanjang dengan sangat jelas memiliki mata. Namun itu tak lebih dari sekadar hiasan saja. Untuk melihat, mereka menggunakan indra yang lain seperti penciuman.

6. Scurion sinopoda

Scurion sinopoda merupakan spesies laba-laba pemburu penghuni gua yang tidak memiliki delapan mata sama sekali. Tapi itu wajar saja, karena di habitatnya scurion sinopoda juga merupakan rumah bagi kalajengking buta, ikan, dan kepiting.

Nama laba-laba ini diambil dari nama perusahaan lampu depan Swiss, Scurion, yang dikenal mampu membuat gua terdalam sekalipun terlihat.

7. Hydra

Polip air tawar sebenarnya tidak memiliki mata, namun hewan ini masih bisa berburu mangsa dan menghindari predator dengan merespons cahaya di sekitarnya. Faktanya, hewan ini berburu pada siang hari, karena kondisi penglihatannya.

Baca Juga: Gajah Panggil Kawanannya dengan Nama Masing-Masing, Begini Penjelasannya

Para peneliti melihat hydra sebagai pendahulu primitif bagi mata manusia, namun hewan ini diyakini abadi karena mereka sama sekali tidak terpengaruh oleh proses penuaan.

8. Crayfish

Udang ini hidup dalam goa. Selain tidak mempunyai mata, crayfish juga memiliki tubuh yang transparan. Dikatakan hal itu terjadi karena crayfish selalu hidup dalam gua yang tak pernah tersentuh cahaya.

9. Lobster laut dalam

Lobster laut dalam atau dikenal sebagai dinochelus ausubeli dikatakan buta mungkin adalah fakta bahwa hewan ini albino.

Kurangnya pigmentasi terjadi pada makhluk laut dalam yang tidak membutuhkan perlindungan dari sinar matahari atau kamuflase dari predator yang memiliki mata fungsional.

Lobster laut dalam menggunakan cakar yang sangat tidak serasi untuk memburu mangsanya dan menghindari pemangsa.

10. Ular penis

Nama lain dari hewan ini adalah atretochoana. Hewan ini sangat berbeda karena tidak memiliki paru-paru maupun mata untuk melihat. Sampai sekarang para peneliti masih mencari tahu kemampuan hewan ini yang membuatnya mampu bertahan hidup. (C)

Penulis: Merdiyanto

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga