DAK Dikbud Muna Rp 26 Miliar untuk 17 Sekolah

Sunaryo, telisik indonesia
Rabu, 31 Mei 2023
0 dilihat
DAK Dikbud Muna Rp 26 Miliar untuk 17 Sekolah
Kadikbud Muna, Rahmat Raeba bersama PPK, Zuhdi Mulkian mengatakan, sekolah-sekolah yang mendapatkan DAK berdasarkan penilaian dari aplikasi Kemendikbud. Foto: Sunaryo/Telisik

" Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kabupaten Muna tahun ini mendapat Dana Alokasi Khusus (DAK) sebesar Rp 26 miliar "

MUNA, TELISIK.ID - Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kabupaten Muna tahun ini mendapat Dana Alokasi Khusus (DAK) sebesar Rp 26 miliar. Dana tersebut diperuntukkan buat rehabilitas dan bangun baru ruang kelas belajar (RKB) di 17 sekolah.

Kadikbud Muna, Rahmat Raeba menerangkan, 17 sekolah yang mendapat DAK itu terdiri dari 11 Sekolah Dasar (SD) dan 6 Sekolah Menengah Pertama (SMP).

"Anggaran Rp 26 miliar itu selain rehabilitasi dan bangun baru RKB, juga termasuk pengadaan perabot," kata Rahmat, Rabu (31/5/2023).

Untuk pelaksanaan kegiatan itu, berbeda dari tahun sebelumnya (2022) yang diswakelolakan pada pihak sekolah. Tahun ini, sesuai petunjuk tehnis (juknis), maka akan dipihakketigakan.

Baca Juga: Rp 17 Miliar DAK Dikbud Muna Diswakelola, Pekerjaannya Libatkan Masyarakat

"Kegiatannya ada yang penunjukan langsung (PL) dan lelang," ungkap mantan Kadispora itu.

Sementara itu, Pejabat Pembuat Komitmen (PPK), Zuhdi Mulkian mengatakan, saat ini kegiatan telah memasuki proses perencanaan. Tender dipastikan akan dilaksanakan pada minggu pertama Juni.

"Kontrak kerja sebelum 21 Juli," sebutnya.

Baca Juga: DAK Dikbud Muna Terbesar se-Indonesia, Daya Serap Capai 70 Persen

Kabid Pembinaan PAUD itu menerangkan, sekolah-sekolah yang mendapatkan DAK berdasarkan penilaian dari aplikasi Kemendikbud.

"Sekolah mengajukan usulan melalui Dapodik," ujarnya.

DAK tahun ini, lanjut pria yang karib disapa Uji itu, diprioritaskan pembangunan fisik dengan sistem tuntas. Sehingga bagi sekolah yang sudah mendapatkan DAK tahun ini, baru bisa mengusulkan lagi lima tahun ke depan. (B)

Penulis: Sunaryo

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga