Damkar Telat Datang, Satu Rumah Habis Dilalap Si Jago Merah

Putri Wulandari, telisik indonesia
Senin, 12 Februari 2024
0 dilihat
Damkar Telat Datang, Satu Rumah Habis Dilalap Si Jago Merah
Satu unit rumah di Desa Lailangga, Kecamatan Wadaga, Kabupaten Muna Barat habis dilalap si jago merah. Foto: Putri Wulandari/Telisik

" Warga Muna Barat sesalkan tim pemadam kebakaran (Damker) tak datang tepat waktu saat menyelamatkan rumah yang terbakar di Desa Lailangga, Kecamatan Wadaga, Kabupaten Muna Barat "

MUNA BARAT, TELISIK.ID - Warga Muna Barat sesalkan tim pemadam kebakaran (Damker) tak datang tepat waktu saat menyelamatkan rumah yang terbakar di Desa Lailangga, Kecamatan Wadaga, Kabupaten Muna Barat, Senin (12/2/2024)

Rumah yang hangus terbakar itu diketahui milik Jafar S, tepatnya berada di dekat perbatasan antara Desa Latompe, Kecamatan Lawa dan Desa Lailangga Kecamatan Wadaga.

Rumah tersebut merupakan rumah kayu beratap seng dan berdinding kayu, dimana bentuk rumah persegi panjang dengan ukuran keseluruhan 6 x 12 m2.

Saat ditemui, Jafar S mengatakan, bahwa saat kejadian ia bersama istrinya sedang berada di kebun, tetapi Jafar mengaku bahwa api itu diduga dari sisa api yang lupa dipadamkan setelah memasak.

Baca Juga: Cegah Stunting di Muna Barat dengan KIE

"Saya kurang tahu karena di kebun bersama istri," ujarnya.

Sementara itu, Kapolsek Lawa, Iptu Haswan membenarkan kejadian kebakaran rumah yang dialami keluarga Jafar S.

"Kebakaran terjadi sekira pukul 08.30, dugaan sementara berasal dari api dapur sisa memasak sarapan pagi," pungkasnya.

Kronologis Kejadiannya yaitu sekira pukul 06.00 Wita, istri korban sedang memasak di dapur untuk sarapan pagi, seusai sarapan sekira pukul 07.30 Wita sepasang suami istri ini meninggalkan rumah untuk pergi ke kebun.

Selang beberapa jam kemudian, salah satu warga bernama Wa Ode Lora melihat kobaran api berasal dari dapur, sehingga saksi tersebut memanggil tetangga sekitar untuk berupaya memadamkan api tersebut.

Sementara itu, Kepala Dusun 1 Desa Lailangga, Pian mengatakan, ketika melihat kobaran api, ia berinisiatif untuk memanggil pemadam kebakaran, namun saat sampai di kantor tidak ada satupun orang yang stay di tempat tersebut.

"Dua kali saya datang ke Kantor Damkar, 1 jam kemudian pemadam baru datang di TKP, dan rumah sudah rata dengan tanah," ujar Pian.

Baca Juga: H-2 Pemilu, Pj Bupati Muna Barat Imbau Beberapa Hal

Atas kejadian tersebut, ia berharap Pemerintah Daerah Muna Barat khususnya Damkar untuk selalu standby bekerja agar bekerja dengan baik dalam melayani masyarakat.

Atas kejadian itu, semua barang berharga milik korban hangus terbakar api yaitu 1 unit televisi, 1 unit kulkas 2 pintu, 2 unit rice cooker, dispenser, 1 unit lemari kayu, 1 unit kompor gas beserta tabung 3 kilo gram.

Selanjutnya, barang yang ikut terbakar yaitu 5 unit kompor bermerk hock, 6 unit jumbo nasi berukuran besar, 8 unit loyang panci berukuran besar, 20 unit loyang plastik berukuran besar, 1200 biji piring makan, dan peralatan lainnya sehingga menimbulkan kerugian materil kurang lebih Rp 200.000.000,00.

Saat dikonfirmasi, pihak Damkar mengatakan saat itu timnya masih mengikuti apel gabungan pegawai ASN lingkup pemerintah kabupaten Muna Barat. (A)

Penulis: Putri Wulandari

Editor: Fitrah Nugraha
 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga