Dana Desa di Muna Diprioritaskan untuk BLT

Sunaryo, telisik indonesia
Rabu, 10 Februari 2021
0 dilihat
Dana Desa di Muna Diprioritaskan untuk BLT
Kadis PMD Muna, Rustam. Foto: Sunaryo/Telisik

" Masyarakat akan menerima BLT terhitung setahun penuh. "

MUNA, TELISIK.ID - Dana Desa (DD) di Kabupaten Muna tahun ini mencapai Rp 124 miliar. DD tersebut dialokasikan buat 124 desa. Masing-masing desa akan mengelola sebesar Rp 1 miliar.

Namun, untuk pengelolaanya di tahun ini berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Pandemi COVID-19 yang belum juga mereda, membuat sebagian besar DD dialihkan buat bantuan langsung tunai (BLT).

"Masyarakat akan menerima BLT terhitung setahun penuh," kata Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Muna Rustam, Rabu (10/2/2021).

Baca juga: Pekerja Hiburan Malam Geruduk Balai Kota Diiringi Musik Dj

Jumlah penerima BLT di 124 desa mencapai kurang lebih 13 ribu orang. Jumlah penerima itu, masih bisa bertambah atau berkurang. Semua tergantung hasil validasi data terpadu kesejahteraan sosial (DTKS).

"Masing-masing kepala keluarga (KK) akan menerima BLT sebesar Rp 300 ribu perbulannya," sebutnya.

Selain BLT, DD juga akan digunakan untuk konvergensi stunting dan penyertaan modal pada Badan Usaha Milik Desa (Bumdes). Dengan demikian, hampir dipastikan tidak ada akan ada pembangunan di desa.

"Kita hitung dulu untuk anggaran pembangunannya. Paling yang bisa menganggarkan pembangunan hanya desa yang jumlah penduduknya kecil," pungkasnya. (B)

Reporter: Sunaryo

Editor: Fitrah Nugraha

TAG:
Baca Juga