Dana Hibah Kolaka Utara Capai Rp 5,7 Miliar, Berikut Alokasinya

Muh. Risal H, telisik indonesia
Kamis, 20 Juli 2023
0 dilihat
Dana Hibah Kolaka Utara Capai Rp 5,7 Miliar, Berikut Alokasinya
Salah satu masjid di Kecamatan Lasusua, Kolaka Utara yang tengah melakukan proses pembangunan. Foto: Muh. Risal H/Telisik

" Pemerintah Daerah (Pemda) Kolaka Utara tahun ini menyimpan dana hibah sebesar Rp 5,7 miliar. Anggaran itu dikelolah Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Sekretariat Daerah (Setda) "

KOLAKA UTARA, TELISIK.ID - Pemerintah Daerah (Pemda) Kolaka Utara tahun ini menyimpan dana hibah sebesar Rp 5,7 miliar. Anggaran itu dikelolah Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Sekretariat Daerah (Setda).

Kepala Bagian (Kabag) Kesra, Ahmad Sanusi mengungkapkan, sebagian dana hibah telah dialokasikan, baik untuk bantuan pondok pesantren maupun pembangunan kampus Intens Muhammadiyah Kolaka Utara.

Sementara, permohonan bantuan  pembangunan masjid yang telah terealisasi baru 21 unit dari sekitar 50 masjid/musholla yang mengajukan proposal dengan total anggaran sebesar Rp 250 juta.

"Setiap masjid dapat bantuan hibah Rp 10 juta, paling banyak Rp 25 juta," terangnya, Kamis (20/7/2023).

Baca Juga: Ribuan Pelajar di Kolaka Utara Peringati Tahun Baru Islam 1445 Hijiriah

Tahun ini kata dia, semua proposal pembangunan masjid yang masuk diupayakan untuk dipenuhi sepanjang anggaran masih tersedia.

"Kalau anggaran habis terpakai, maka masjid yang belum dapat namun telah mengajukan proposal akan jadi prioritas tahun depan," jelasnya.

Lebih lanjut, ia menuturkan, masjid atau musholla yang telah menerima bantuan hibah tahun ini tidak bisa lagi mengajukan permohonan bantuan tahun depan.

"Syaratnya memang seperti itu. Tidak bisa dobel atau berturut-turut, harus selang satu tahu. Masjid yang dapat tahun ini, nanti tahun 2025 baru dapat mengajukan proposal," urainya.

Sebelumnya Kesra telah menyalurkan dana hibah untuk tujuh pondok pesantren (ponpes) di Kolaka Utara sebesar Rp 500 juta. Masing-masing ponpes mendapat bantuan Rp 50 juta, kecuali ponpes As'adiyah Lapai Rp 150 juta.

"Pemerintah Daerah Kolaka Utara kembali akan menyalurkan dana hibah untuk tiga ponpes, salah satunya di Kelurahan Mala-mala dan Pakue Utara," ujarnya.

Selain ponpes, Pemda Kolaka Utara juga telah menyalurkan bantuan hibah untuk pembangunan kampus Institut Teknologi Sains (Intens) Muhammadiyah Kolaka Utara sebesar Rp 4 miliar.

Baca Juga: Gas Elpiji 3 Kg di Kolaka Utara Langka Diduga Diselundup ke Morowali

Penjabat (Pj) Bupati Kolaka Utara, Parinringi berharap, bantuan itu dapat membantu dalam meningkatkan kualitas pendidikan di Kolaka Utara dan mampu memberikan manfaat yang besar bagi masyarakat setempat.

Ia juga berharap, keberadaan kampus di Kolaka Utara dapat mempermudah akses pendidikan bagi putra putri Kolaka Utara yang hendak melanjutkan pendidikan.

"Feedback dari hibah itu putra putri dapat kuliah dengan murah bahkan gratis, sehingga mereka dapat merasakan manfaat dari hibah yang digelontorkan pemerintah daerah," imbuhnya. (B)

Penulis: Muh Risal H

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga