Dari Anggota Polri hingga Sekjen Kemenkumham, Andap Budhi Revianto Pj Gubernur Sulawesi Tenggara

Ahmad Jaelani, telisik indonesia
Selasa, 05 September 2023
0 dilihat
Dari Anggota Polri hingga Sekjen Kemenkumham, Andap Budhi Revianto Pj Gubernur Sulawesi Tenggara
Komjen Pol Andap Budhi Revianto, resmi menyandang status sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN). Foto: Ist.

" Dalam perannya yang sangat vital sebagai ASN, Andap juga ditunjuk oleh Presiden RI untuk mengemban tugas ganda sebagai penjabat (Pj) Gubernur Sulawesi Tenggara hingga terpilihnya gubernur definitif "

KENDARI, TELISIK.ID - Momen bersejarah bagi Komjen Pol Andap Budhi Revianto, yang resmi menyandang status sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN) setelah bertugas sebagai anggota aktif Kepolisian RI. Ia kini juga memegang posisi Sekretaris Jenderal Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) yang ke-13.

Menteri Hukum dan HAM, Yasonna H. Laoly, memimpin pelantikan Andap sebagai ASN dalam jabatan tetap Sekretaris Jenderal Kemenkumham dalam sebuah upacara di Gedung Graha Pengayoman. Dalam sambutannya, Menteri Yasonna menekankan pentingnya kelanjutan kinerja yang telah ditetapkan selama kepemimpinan Andap.

"Saya baru saja melantik dan mengambil sumpah saudara Andap Budhi Revianto menjadi ASN dalam jabatan tetap yaitu Sekretaris Jenderal di Kemenkumham," ucapnya.

Andap telah memimpin jajaran Kemenkumham selama dua tahun enam bulan sejak 1 Maret 2021. Menteri Yasonna berharap agar Andap tetap fokus dalam menyelesaikan target kinerja yang telah ditetapkan, menjadikan Kemenkumham lebih efisien dan responsif terhadap tuntutan masyarakat.

Dalam perannya yang sangat vital sebagai ASN, Andap juga ditunjuk oleh Presiden RI untuk mengemban tugas ganda sebagai penjabat (Pj) Gubernur Sulawesi Tenggara hingga terpilihnya gubernur definitif.

Baca Juga: Abu Hasan Dukung Andap Budhi Revianto jadi Pj Gubernur Sulawesi Tenggara

Dalam sebuah pernyataan, Menteri Yasonna menyampaikan harapannya kepada Andap dan jajaran ASN untuk menjaga netralitas politik, terutama selama masa pemilu dan pilkada yang sedang berlangsung. Hal ini diharapkan agar pelayanan yang diberikan oleh Kemenkumham dan Pemprov Sulawesi Tenggara tetap berjalan dengan lancar dan kondusif.

Andap Budhi Revianto saat dilantik sebagai Sekretaris Jenderal Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) yang ke-13. Foto: Ist.

 

"Baik di lingkungan Kemenkumham maupun di Sultra, Saudara (Andap) harus mampu menjamin netralitas birokrasi dan dinamika politik di daerah agar tetap kondusif sehingga roda pemerintahan tidak terganggu," tegas Menteri Yasonna.

Sementara itu, dalam ekspresi syukur, Andap mengungkapkan bahwa kepercayaan yang diberikan kepadanya merupakan amanah besar. Bagi Andap, ini adalah kesempatan untuk memberikan pelayanan yang lebih baik kepada masyarakat.

Baca Juga: Andap Budhi Revianto Bakal Dilantik Besok oleh Kemendagri

"Pelantikan ASN dan penunjukan sebagai Pj. Gubernur merupakan amanah Allah SWT, Tuhan Yang Maha Kuasa, dan kepercayaan dari Bapak Presiden, serta Menteri Hukum dan HAM. Insya Allah, saya akan menjalankan tugas ini dengan penuh tanggung jawab," ungkapnya.

Andap kini berada dalam posisi yang unik, memimpin Kemenkumham sambil menjalankan tanggung jawab sebagai Pj. Gubernur Sulawesi Tenggara. Dengan pengalaman dan dedikasinya, dia diharapkan dapat membawa perubahan positif bagi kedua institusi tersebut, sekaligus memberikan pelayanan yang lebih baik kepada masyarakat.

Kepemimpinan Andap yang bergerak dari dunia kepolisian ke birokrasi pemerintahan, menjadi salah satu tonggak sejarah yang patut dicatat dalam perjalanan karirnya. Selama dua tahun dan enam bulan ke depan, kita akan melihat bagaimana Andap akan menjalankan tugas gandanya dengan integritas dan efisiensi. (C-Adv)

Penulis: Ahmad Jaelani

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga