Demi Bantuan COVID-19, Warga Muna Ramai-Ramai Ganti KTP

Sunaryo, telisik indonesia
Selasa, 14 Juli 2020
0 dilihat
Demi Bantuan COVID-19, Warga Muna Ramai-Ramai Ganti KTP
Kadis Dukcapil Muna, La Ode Abdul Kadir mamantau proses perekaman KTP-el. Foto: Sunaryo/Telisik

" Yang diubah hanya identitasnya saja. Nomor Induk Kependudukanya (NIK) tetap. "

MUNA, TELISIK.ID - Banyaknya bantuan yang diturunkan akibat pandemi COVID-19, membuat warga Kabupaten Muna ramai-ramai mengganti Kartu Tanda Penduduk elektronik (KTP-el).

Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Muna mencatat, sejak bantuan COVID-19 disalurkan, sudah ada ribuan warga mengganti KTP-el. Rata-rata mereka merubah identitas pekerjaan.

"Pekerjaanya diubah dari wiraswasta menjadi petani atau buruh. Alasanya agar bisa medapatkan bantuan," kata Kadis Dukcapil Muna, La Ode Abdul Kadir, Selasa (14/7/2020).

Proses pergantian KTP-el tidak dilakukan begitu saja. Namun, harus ada surat keterangan dari desa maupun kelurahan. Untuk pengubahan status maupun identitas pekerjaannya pun dibolehkan.  

Baca juga: Calon TKL Abai Protokol COVID-19 di Disnakertrans Konawe

"Yang diubah hanya identitasnya saja. Nomor Induk Kependudukanya (NIK) tetap," sebutnya.

Mantan Kepala Kasbangpol itu menegaskan, untuk pengurusan seluruh dokumen kependudukan tidak dipungut biaya sepeser pun alias gratis.

Jika ada oknum yang coba bermain, ia meminta untuk dilaporkan pada pihak berwajib. Sebab, itu sudah merupakan Pungutan Liar (Pungli).

"Jelas itu ada ancaman pindananya enam tahun. Jadi kalau ada warga yang dimintai uang berapapun jumlahnya, laporkan," tegasnya.

Kini, stok blanko KTP-el sudah menipis. Makanya, ia akan ke Disdukcapil Sultra untuk meminta blanko.

Reporter: Sunaryo

Editor: Kardin

Artikel Terkait
Baca Juga