Deretan Makanan Ini Bikin Kamu Berumur Panjang

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Minggu, 03 September 2023
0 dilihat
Deretan Makanan Ini Bikin Kamu Berumur Panjang
Jenis makanan sehat yang bikin panjang umur ini beberapa di antaranya mungkin sering Anda konsumsi sebagai menu makanan sehari-hari. Foto: Detik.com

" Mengonsumsi makanan kaya nutrisi tidak hanya membuat tubuh jadi lebih sehat, melainkan bisa membantu memperpanjang umur "

KENDARI, TELISIK.ID - Mengonsumsi makanan kaya nutrisi tidak hanya membuat tubuh jadi lebih sehat, melainkan bisa membantu memperpanjang umur.

Hal itu juga diungkapkan oleh seorang peneliti dan penulis, Dan Buettner, yang melakukan pengamatan terhadap pola hidup di Zona Biru, area bagi orang-orang yang mencapai atau melampaui usia 100 tahun dalam kondisi sehat seperti dilansir dari Kompas.com.

Jenis makanan sehat yang bikin panjang umur ini beberapa di antaranya mungkin sering Anda konsumsi sebagai menu makanan sehari-hari.

Berikut deretan makanan yang bisa bikin umur panjang dikutip dari Cnnindonesia.com:

1. Ikan

Jenis ikan berlemak seperti sarden, salmon, makarel, dinilai bisa membuat panjang umur. Ratusan penelitian membuktikan, kandungan lemak ikan sangat bagus untuk kesehatan otak karena tinggi asam omega-3, DHA, untuk mencegah kehilangan memori otak alias pikun, hingga depresi.

Baca Juga: Sering Terpapar AC Tiap Hari Bisa Bikin Penyakit?

2. Jamur

Jamur termasuk makanan yang dapat menurunkan risiko kanker payudara karena mengandung aromatase inhibitor, yaitu senyawa penghambat produksi estrogen.

Menurut hasil studi, jamur dinilai memiliki efek anti-inflamasi, meningkatkan sel kekebalan tubuh, sekaligus mencegah kerusakan DNA.

3. Biji-bijian

Biji-bijian utuh (whole grain) biasanya dianggap sebagai sumber karbohidrat, tetapi varietas tertentu yang belum diolah juga dapat menambahkan protein ke dalam makanan kita. Gandum utuh, soba, dan couscous mengandung lima hingga enam gram protein per cangkir. Sementara quinoa mengandung delapan gram protein per cangkir.

4. Produk susu

Produk susu biasanya dari domba dan kambing Kita mungkin pernah diberitahu untuk minum susu setiap hari demi kesehatan, tetapi produk susu relatif jarang ada dalam diet Zona Biru.

Baca Juga: Seks Setelah Olahraga Punya Banyak Manfaat, Bikin Pasangan Lebih Tertarik

Keju tradisional yang terbuat dari susu domba atau kambing memang ada di beberapa wilayah Zona Biru di Italia dan Yunani, serta makanan fermentasi yang menyehatkan usus seperti yogurt.

Pilihan rendah gula dan tinggi protein ini dapat menjadi bagian yang sehat dari diet Zona Biru dalam jumlah sedang, termasuk beberapa kali seminggu.

5. Sayur hijau

Sayuran hijau seperti bayam, kangkung, sawi, selada, umumnya kaya akan vitamin B folat, lutein, zeaxanthin, dan karotenoid, untuk melindungi mata dari kerusakan ringan.

Nutrisi lain di dalamnya memuat fitokimia yang larut dalam lemak karena bersifat antioksidan, serta anti inflamasi supaya tubuh terhindar dari radikal bebas. (C)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga