5 Penyakit Akibat Angin Malam, Rematik hingga Kematian

Ibnu Sina Ali Hakim, telisik indonesia
Sabtu, 20 Februari 2021
0 dilihat
5 Penyakit Akibat Angin Malam, Rematik hingga Kematian
Ilustrasi penyakit bronkitis akibat terpapar angin malam. Foto: Repro Halodoc.com

" Walaupun angin malam terasa sejuk dan dingin, angin malam menyimpan bahaya bagi kesehatan bahkan bisa berujung kematian. "

KENDARI, TELISIK.ID - Anda pasti sering mendengar pernyataan bahwa angin malam tidak baik bagi tubuh. Secara ilmiah itu benar adanya.

Walaupun angin malam terasa sejuk dan dingin, angin malam menyimpan bahaya bagi kesehatan bahkan bisa berujung kematian.

Penasaran penyakit apa saja yang dapat disebabkan oleh angin malam? Berikut Telisik.id merangkum lima penyakit yang bakal menyerang kalian jika terlalu sering terpapar angin malam dilansir dari wkeren.com.

1. Paru-paru basah

Paru-paru basah merupakan penyakit yang paling ditakuti oleh para pengendara motor di malam hari. Pasalnya jika angin masuk ke dalam dada atau leher maka berdampak membahayakan kesehatan, terutama pada saluran pernafasan yaitu berupa paru-paru basah.

Ini terjadi karena di malam hari embun-embun akan terbawa oleh angin dan tingkat kelembabannya yang sangat tinggi. Karena kelembaban yang tinggi itulah infeksi virus, bakteri atau jamur jadi mudah berkembang. Gejala paru-paru basah ini biasanya ditandai dengan sesak nafas, batuk berdahak, telapak tangan dan kaki terasa dingin dan berkeringat.

2. Rematik

Mungkin banyak orang yang bilang tidak baik mandi malam karena bisa bikin rematik. Sama halnya dengan angin malam ini. Suhu udara malam hari yang dingin, juga dapat menyebabkan nyeri sendi dan juga rematik loh.

Angin malam yang dingin ini bisa dengan mudah masuk ke dalam pakaian dan menyebabkan nyeri dan kram pada bagian tubuh tertentu, seperti pinggul, bahu, punggung, atau lutut. Namun apabila kalian terpaksa untuk keluar pada malam hari, pastikan untuk memakai pelindung seperti jaket atau penutup tubuh lainnya agar dapat terhindar dari angin malam.

Baca juga: Mana yang Lebih Baik, Olahraga Pagi atau Malam?

3. Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA)

Angin malam dapat memicu gangguan pernapasan seperti asma karena suhu di malam hari biasanya sangat dingin. Namun selain asma, Anda juga berpotensi terkena ISPA atau Infeksi Saluran Pernapasan Akut. ISPA ini termasuk penyakit yang berbahaya karena bisa menular loh.

Gejala yang ditimbulkan ISPA ini bisa dibilang cukup parah. Jika terkena ISPA Anda akan mulai demam, batuk, flu, pusing dan sakit kepala, badan terasa pegal-pegal, serta nyeri pada persendian. Selain itu, ISPA juga bisa menyebabkan sakit tenggorokan, sesak nafas dan nyeri dada, serta suara menjadi serak.

4. Bronkitis

Penyakit yang disebabkan oleh angin malam selanjutnya masih menyerang saluran pernafasan, yakni paru-paru. Anda yang sering terpapar angin malam tak menutup kemungkinan juga akan terkena penyakit bronkitis. Secara umum, bronkitis terlihat seperti penyakit pernafasan biasa. Namun jika tak ditangani bisa berbahaya banget loh.

Penyakit yang menyerang paru-paru ini memiliki tanda-tanda seperti batuk berdahak yang relatif lama. Selain itu Anda juga akan merasakan demam dengan suhu tubuh lebih dari 38 derajat celcius dan merasa kelelahan pada saat melakukan aktivitas. Kalian juga bakal sesak nafas, hampir mirip dengan penderita asma lalu terjadi pembengkakan pada kaki dan tungkai kaki.

5. Angin duduk

Terpapar angin malam terus menerus juga dapat menyebabkan angin duduk. Angin duduk adalah nyeri pada dada akibat otot-otot jantung kurang mendapat pasokan darah. Hal ini dikarenakan terlalu banyak angin yang masuk ke dalam tubuh dan menyebabkan penyempitan pembuluh darah pada sistem pernafasan hal itu juga bahkan bisa menyebabkan kematian.

Tanda-tanda yang ditimbulkan yaitu sesak nafas, nyeri pada dada, lengan kiri, punggung, dan leher, tubuh mudah lelah, mual, pusing, dan keringat yang berlebihan. Sebaiknya setelah pulang dari perjalanan malam, kalian segera meminum air hangat agar angin di dalam tubuhmu bisa cepat keluar. Sebaiknya menggunakan pelindung dada atau jaket yang tebal untuk melindungi dada ketika kalian berencana berkendara motor di malam hari. (C)

Reporter: Ibnu Sina Ali Hakim

Editor: Haerani Hambali

Artikel Terkait
Baca Juga