Deretan Negara Pusat Gempa, Ada Indonesia

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Rabu, 15 Februari 2023
0 dilihat
Deretan Negara Pusat Gempa, Ada Indonesia
Indonesia termasuk wilayah yang secara teratur diguncang gempa bumi karena berada di dalam Ring of Fire, yaitu terletak di antara tiga lempengan besar. Foto: Repro Dailymail.co.uk

" Hingga saat ini belum ada teknologi yang mampu memprediksi dengan tepat dimana dan kapan gempa bumi akan terjadi "

JAKARTA, TELISIK.ID - Belum lama ini terjadi gempa bumi di Turki dan Suriah. Pusat gempa bisa diketahui terjadi di wilayah yang berbatasan dengan lempeng bumi dan masuk daerah Ring of Fire atau cincin api pasifik.

Namun hingga saat ini belum ada teknologi yang mampu memprediksi dengan tepat dimana dan kapan gempa bumi akan terjadi. Meskipun diketahui bahwa sebagian besar gempa bumi di dunia terkonsentrasi pada batas lempeng bumi.

Belum ada metode yang dapat diandalkan untuk memprediksi waktu, lokasi, dan besarnya secara akurat. Begitu juga di wilayah Ring of Fire, di mana 90 persen gempa mematikan kerap terjadi.

Berikut deretan negara yang berada di pusat gempa bumi dunia dikutip dari laman Dailymail.co.uk, Rabu (15/2/2023).

1. Turki

Turki terletak di garis patahan utama yang berbatasan dengan tiga lempeng tektonik yang berbeda, yaitu lempeng Anatolia, Arab, dan Afrika. Lempeng Arab mendorong ke arah utara ke dalam lempeng Eurasia, menekan Lempeng Anatolia ke arah barat menuju Laut Aegea.

Baca Juga: Korban Gempa Turki-Suriah Tembus 28 Ribu Jiwa

"Wilayah Aleppo dan Gazientep telah mengalami serangkaian gempa bumi yang menghancurkan secara historis dan peristiwa serupa terjadi sekitar dua abad yang lalu,"

2. Italia

Melansir Sindonews.com, hampir seluruh semenanjung Italia, terutama bagian selatannya terletak dekat dengan garis antara lempeng Eurasia dan Afrika yang saling bergesekan. Pegunungan Apennine, yang dikenal sebagai tulang punggung geologis Italia, membentang dari utara ke selatan negara itu dan berisi beberapa garis patahan, tempat dua lempeng tektonik bertemu.

Zona bencana geologi berbentuk tapal kuda ini terletak kira-kira di sekitar tepi Samudra Pasifik. Ini mencakup pantai barat AS - terutama California - Meksiko barat dan Amerika Tengah, Amerika Selatan bagian barat termasuk Peru, Selandia Baru, Jepang, dan banyak lagi. 

3. California, AS

California rawan gempa karena terletak di Patahan San Andreas, tempat dua lempeng tektonik bertemu. Patahan San Andreas memanjang kira-kira 750 mil melalui negara bagian barat AS, dengan Lempeng Pasifik di satu sisi dan Lempeng Pasifik di sisi lainnya.

Sebagian besar penduduk California tinggal di sekitar Patahan San Andreas, yang merupakan bagian dari Cincin Api Pasifik. Kehadiran Patahan San Andreas menjadi perhatian dunia secara dramatis pada tanggal 18 April 1906, ketika terjadi gempa bumi di San Francisco dan mengakibatkan kebakaran.

4. Jepang

Jepang posisinya termasuk dalam Ring of Fire, dan pulau utamanya Honshu terletak di persimpangan antara tiga lempeng tektonik, yaitu lempeng Eurasia, Filipina, dan Amerika Utara. Salah satu gempa bumi dahsyat terjadi pada Maret 2011. Gempa bumi berkekuatan 9,0 di lepas pantai timur laut Jepang memicu tsunami, menewaskan lebih dari 18.400 orang.

5. Selandia Baru

Baca Juga: Duka Gempa Papua, Jawa Timur Siap Kirim Bantuan Kemanusiaan

Selandia Baru berada di perbatasan antara dua lempeng tektonik, Lempeng Australia dan Lempeng Pasifik. Salah satu bencana terburuk di Selandia Baru adalah gempa Christchurch berkekuatan 6,3 pada Februari 2011, yang menewaskan 185 orang dan merusak bangunan serta infrastruktur kota.

6. China

China memang bukan bagian dari Cincin Api, tetapi berada di daerah pertemuan Lempeng Pasifik, Lempeng India, dan Lempeng Filipina. Sayangnya, tingginya jumlah bangunan berkualitas rendah dan populasi yang padat membuat gempa bumi di China mengakibatkan tingginya jumlah korban jiwa.

7. Indonesia

Indonesia termasuk wilayah yang secara teratur diguncang gempa bumi karena berada di dalam Ring of Fire. Indonesia juga terletak antara tiga pertemuan lempeng besar, yaitu Lempeng Eurasia, Lempeng Indo-Australia, dan Lempeng Pasifik. (C)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Haerani Hambali 

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga