Korban Gempa Turki-Suriah Tembus 28 Ribu Jiwa

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Senin, 13 Februari 2023
0 dilihat
Korban Gempa Turki-Suriah Tembus 28 Ribu Jiwa
Korban meninggal akibat gempa Turki dan Suriah terus bertambah. Kini, lebih dari 28 ribu orang meninggal, diperkirakan jumlah korban masih terus bertambah. Foto: Repro Indeksnews.com

" Pejabat dan petugas medis mengatakan, 24.617 orang tewas di Turki dan 3.574 di Suriah. Total korban meninggal yang dikonfirmasi sekarang mencapai 28.191 "

ISTANBUL, TELISIK.ID - Korban meninggal akibat gempa Turki dan Suriah terus bertambah. Terbaru, sudah lebih dari 28 ribu orang meninggal akibat gempa Magnitudo 7,8 tersebut.

Dilansir dari Detik.com, pejabat dan petugas medis mengatakan, 24.617 orang tewas di Turki dan 3.574 di Suriah. Total korban meninggal yang dikonfirmasi sekarang mencapai 28.191, Minggu (12/2/2023).

Puluhan ribu petugas penyelamat saat ini masih menjelajahi wilayah terdampak gempa di tengah cuaca dingin yang telah memperdalam kesengsaraan jutaan orang yang sekarang sangat membutuhkan bantuan.

PBB telah memperingatkan bahwa setidaknya 870 ribu orang sangat membutuhkan makanan panas di seluruh Turki dan Suriah. Sebanyak 5,3 juta orang juga diyakini telah kehilangan tempat tinggal di Suriah saja.

Hampir 26 juta orang terkena dampak gempa bumi ini. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengatakan, sebesar $42,8 juta dibutuhkan untuk mengatasi kebutuhan kesehatan korban gempa.

Baca Juga: Korban Gempa Turki Tembus 3.800 Orang

Badan bencana Turki mengatakan, lebih dari 32.000 orang dari organisasi Turki bekerja dalam upaya pencarian dan penyelamatan juga 8.294 penyelamat internasional.

Mengutip Liputan6.com, Dirjen WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus mengatakan, Presiden Suriah telah menyatakan terbuka untuk adanya lebih banyak penyeberangan perbatasan bagi pengiriman bantuan pada korban gempa Turki dan Suriah di bagian barat laut yang dikuasai pemberontak.

"Sore ini saya bertemu dengan Yang Mulia Presiden Assad, yang mengindikasikan dia terbuka untuk mempertimbangkan titik akses lintas batas tambahan untuk keadaan darurat ini," ujar Tedros, dalam konferensi pers virtual dari ibu kota Suriah.

Baca Juga: Update Korban Gempa Turki Tembus 12.000 Orang, Ada WNI

Diketahui, sekitar 100 negara telah mengirimkan tim penyelamat dan bantuan ke wilayah terdampak termasuk Indonesia. Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI telah mengirimkan bantuan logistik kesehatan tahap awal pada Sabtu kemarin.

Sementara, tim medis yang akan ikut serta menangani korban gempa Turki rencananya akan diberangkatkan pada hari ini, Senin (13/2/2023).

"Tim medis ini akan diberangkatkan hari Senin, dalam satu kloter dengan pesawat khusus," tutur Plt Kepala Pusat Krisis Kesehatan Sumarjaya, dikutip dari Liputan6.com. (C)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga