6 Ambulans Teraneh di Dunia, Nomor 6 Mengejutkan

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Rabu, 20 Juli 2022
0 dilihat
6 Ambulans Teraneh di Dunia, Nomor 6 Mengejutkan
Salah satu ambulans tercepat di dubai dengan kecepatan mencapai 185 mph atau 300km/jam. Foto: Repro detik.com

" Ambulans adalah kendaraan yang umum dipakai untuk menangani korban gawat darurat "

KENDARI, TELISIK.ID - Ambulans adalah kendaraan yang umum dipakai untuk menangani korban gawat darurat. Ambulans juga di gunakan untuk pertolongan penderita gawat darurat pra rumah sakit dan antar fasilitas pelayanan kesehatan, pengangkutan penderita gawat darurat dari lokasi kejadian ke tempat tindakan definitif atau ke rumah sakit dan sebagai kendaraan rujukan.

Di beberapa tempat di dunia, ada ambulance  yang bisa dibilang cukup unik, seperti yang di lansir dari idntimes.com dan detik.com antara lain:

1. Ambulans tercepat di Dubai

Dubai menjadi salah satu negara terkaya di dunia. Bagaimana tidak, mereka mampu menggelontorkan dana untuk memodifikasi mobil sport menjadi ambulans tercepat di dunia. Tujuannya untuk meningkatkan respons saat terjadi keadaan darurat.

Baca Juga: 5 Orang dengan Gaji Tertinggi di Dunia, Sampai Rp 8 Triliun Sebulan

Ambulans ini menggunakan mobil Lotus Evora dengan kecepatan mencapai 185 mph atau sekitar 300 km/jam. Ambulans ini mampu menjangkau pasien dalam waktu tiga hingga empat menit, kalau tidak macet ya. Mobil senilai Rp 1,7 miliar ini digunakan oleh 50 paramedis yang sudah dilatih khusus.

Selain punya ambulans tercepat, ternyata Dubai punya ambulans terbesar menggunakan Mercedes-Benz Citaro Bus dengan panjang mencapai 18 meter. Ambulans ini dioperasikan langsung oleh Pusat Layanan Ambulans Pemerintah Dubai.

Masih dari Dubai, kali ini negara yang tergabung dalam Uni Emirat Arab itu menghadirkan ambulans terkecil di dunia. Meski dimensinya kecil tapi ambulans ini mampu melintasi jalan off-road. Menggunakan enam roda, ternyata fasilitas yang dihadirkan juga tidak kalah lengkapnya. Ambulans ini mampu mengangkut satu pasien dan dua tenaga medis.

Dengan adanya ambulans kecil ini, diharapkan mampu mengurangi tingkat kematian akibat kecelakaan kendaraan saat off-road atau saat berada di padang pasir. Sebab, ambulans biasa tidak bisa bergerak di medan off-road.

2. Sexelance di Denmark

Sekilas tampak seperti ambulans biasa, namun kendaraan yang diberi nama Sexelance dari Denmark ini khusus untuk para wanita pekerja seks melayani pelanggannya. Sexelance diusung untuk mempromosikan seks aman di daerah-daerah rawan.

Baca Juga: 9 Rahasia Sukses Orang Tionghoa, Nomor 2 Mengagetkan

Selain ambulans Sexelance, Denmark juga mempunyai ambulans lain yang terletak di Copenhagen, ambulans ini mengantar pasien bukan dengan iringan sirine melainkan musik. Tujuannya agar pasien dapat merasa lebih tenang ketika dalam perjalanan.

3. Ambulans kapal di Filipina

Ketika topan Haiyan (Yolanda) 2013 lalu melanda Filipina butuh waktu cukup lama sebelum pertolongan bisa sampai ke korban. Mencegah hal itu terulang kembali palang merah setempat pun mengubah bekas kapal militer menjadi ambulans laut raksasa.

4. Perusahaan Urban Aeronautics tengah di Israel

Israel mengembangkan drone ambulans terbang. Ambulans ini bisa mengangkat satu orang dan sengaja diciptakan untuk bermanuver di tempat sulit yang bahkan tak bisa dijangkau oleh helikopter.

5. Fixalance di Jerman

Disebut Fixalance, ambulans ini khusus untuk para pecandu narkoba bisa memakai narkotik yang lebih aman secara legal. Ambulans ini dijadikan tempat untuk mengonsumsi obat-obatan bagi para pencandu narkoba dengan menyediakan juga dokter dan perawat serta dilengkapi perlengkapan, seperti jarum bersih dan Naxalone, penangkal untuk overdosis heroin. Tujuannya agar pecandu bisa diawasi oleh tenaga medis dan tak terlibat dalam aktivitas berbahaya.

6. Hindari macet di Rusia

Orang kaya di Rusia ternyata punya cara unik untuk menghindari kemacetan yang selama ini menjadi masalah di negara tersebut. Caranya dengan menyewa jasa ambulans.

Ambulan yang dimaksud ternyata bukan ambulans sembarangan, melainkan sebuah ambulans yang telah dimodifikasi sedemikian rupa pada bagian interior hingga nyaman untuk si penyewa. Sementara tampilan luarnya bak ambulans biasa lengkap dengan sirine di atas dan warna merah ciri khas ambulans. (C)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Musdar

Artikel Terkait
Baca Juga