Duka Gempa Papua, Jawa Timur Siap Kirim Bantuan Kemanusiaan

Try Wahyudi Ary Setyawan, telisik indonesia
Jumat, 10 Februari 2023
0 dilihat
Duka Gempa Papua, Jawa Timur Siap Kirim Bantuan Kemanusiaan
Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa memberi keterangan terkait rencana pengiriman bantuan untuk korban gempa di Papua. Foto: Ist.

" Pemprov Jawa Timur sedang melakukan koordinasi untuk mengirimkan bantuan bagi masyarakat yang terdampak gempa di Papua "

SURABAYA, TELISIK.ID - Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa mengatakan, pihaknya sedang mengupayakan bantuan untuk membantu korban gempa di Papua.

"Saat ini Pemprov Jawa Timur sedang melakukan koordinasi untuk mengirimkan bantuan yang paling dibutuhkan bagi masyarakat yang terdampak gempa agar sesuai kebutuhan," jelas mantan Mensos ini, Jumat (10/2/2023).

Menurut Ketum Muslimat NU ini, pihaknya juga menyampaikan duka yang mendalam atas korban jiwa dalam peristiwa tersebut.

Baca Juga: Gubernur Nusa Tenggara Timur Ingin Bocah Juara Dunia Lanjut Sekolah di Amerika

"Terenggutnya nyawa saudara-saudara kita memang merupakan kehilangan yang paling sulit dalam keadaan seperti ini. Karena tidak peduli seberapa besar kerugian materiil yang kita derita, hidup manusia akan selalu lebih berharga," jelasnya.

Di tengah berbagai ancaman bencana alam, Khofifah menyebutnya sebagai cobaan sekaligus pelajaran untuk manusia secara keseluruhan. Maka dari itu, dia mengajak masyarakat untuk kembali mencintai alam dan lebih mendekatkan diri kepada Tuhan.

"Sekarang ini dunia memang sedang diuji. Mulai dari gempa di Turki, Suriah, dan tempat lainnya. Ini sebenarnya tanda untuk kita lebih menjaga lingkungan, mencintai alam, dan lebih banyak mengingat Allah," tuturnya.

Gempa berkekuatan magnitudo 5,4 terjadi di Papua, Kamis (9/2/2023) pada pukul 13.28 WIB atau 15.28 WIT. BMKG mencatat episenter gempa berada di darat, sekitar 9 kilometer barat daya Jayapura. Adapun hiposentum atau kedalaman gempa itu ada di 10 kilometer di bawah permukaan bumi. Mulai dari fasilitas umum hingga kantor-kantor pemerintah mengalami kerusakan. Hingga berita ini ditulis, bencana tersebut dilaporkan menelan empat korban jiwa.

Baca Juga: Beras Bulog jadi Primadona Masyarakat

Sedangkan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) melaporkan empat warga meninggal dunia terdampak gempa berkekuatan magnitudo 5,4 yang terjadi di Kota Jayapura, Papua, Kamis (9/2/2023).

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Jayapura, Asep Khalid dalam keterangan tertulis Kamis (9/2/2023) menjelaskan, keempat korban ditemukan dari puing bangunan kafetaria yang roboh oleh guncangan gempa bumi.

“Gempa bumi  dirasakan kuat selama 2-3 detik. Ini sekarang terasa guncangan gempa bumi sedang berjalan,” ujar Asep. (B)

Penulis: Try Wahyudi Ari Setyawan

Editor: Haerani Hambali

 

*BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga