Deretan Preman Terkejam Paling Berpengaruh di Tanah Air

Ahmad Jaelani, telisik indonesia
Kamis, 27 Juni 2024
0 dilihat
Deretan Preman Terkejam Paling Berpengaruh di Tanah Air
Deretan preman yang pernah menggemparkan Indonesia dengan tindak kejahatan mereka. Foto: Kolase

" Sejumlah preman di Indonesia dari tahun ke tahun punya kisahnya sendiri. Nama mereka bahkan sangat legendaris di zamannya, dengan sederet peristiwa yang bikin merinding "

JAKARTA, TELISIK.ID - Sejumlah preman di Indonesia dari tahun ke tahun punya kisahnya sendiri. Nama mereka bahkan sangat legendaris di zamannya, dengan sederet peristiwa yang bikin merinding.

Nama John Refra Kei atau yang bisa disapa John Kei tentu tidak asing lagi di telinga masyarakat Indonesia. Pria kelahiran Maluku Utara, 10 September 1969 ini, kerap berurusan dengan pihak berwajib karena terlibat kasus kekerasan, terutama di Jabodetabek.

Belum lama ini, John Kei kembali menggemparkan karena tertangkap saat terlibat aksi penganiayaan bersama kelompoknya. Tidak hanya, John Kei saja yang pernah menggemparkan tanah air, beberapa nama ini juga sangat dikenal di dunia kriminal.

Berikut deretan preman paling ditakuti di Indonesia dikutip dari merdeka.com, Kamis (27/8/2024):

Baca Juga: Sosok Hassanal Bolkiah: Dijuluki Pemimpin Monarki Absolut Terakhir di Dunia, Negaranya Masuk Daftar Hitam AS

Johny Indo

Johny Indo meninggal dunia Minggu (26/1/2020) lalu. Johny Indo dikenal sebagai salah satu preman yang pernah melakukan tindak kejahatan yang kejam, seperti perampokan dan pembunuhan di Indonesia.

Selain itu, Ia sempat bermain dalam sejumlah film yang salah satunya mengangkat kisah dirinya dalam film Johny Indo pada tahun 1987.

Setelah memutuskan bertaubat, Johny mengganti namanya menjadi Umar Billah, dan berubah menjadi pribadi yang lembut dan santun. Terakhir, dia dikenal sebagai pendakwah.

Dicky Ambon

Hendrik Benyamin Sahetapy Engel atau yang lebih dikenal dengan nama Dicky Ambon ini semasa hidupnya dikenal sebagai gembong preman. Ia merupakan salah satu preman yang dikenal sangat ganas di Indonesia.

Dicky memiliki banyak catatan kriminal atas aksi kejinya, seperti pencurian, perampokan, dan pembunuhan. Aksi kriminal paling besar yang pernah ia lakukan adalah pengeroyokan terhadap seorang prajurit TNI.

Slamet Gundul

Slamet Gundul merupakan pelaku dari 55 perampokan di Jakarta dan Surabaya. Slamet yang lahir di Malang, Jawa Timur ini juga dikenal sebagai penjahat legendaris. Ia dikenal lihai dalam meloloskan diri dari kejaran polisi.

Kusni Kasdut

Nama Kusni Kasdut mencuat pada era 1960 sampai 1980, dia disebut-sebut sebagai bandit legendaris di Tanah Air. Sepak terjangnya tak main-main, Ia beberapa kali merampok, membunuh, dan sudah sering keluar masuk penjara.

Salah satu kejahatan Kusni Kasdut yang melegenda adalah merampok Museum Nasional Jakarta. Namun, tak sedikit pula yang menyebutkan bahwa Kusni Kasdut adalah sosok Robinhood, Ia kerap membagikan uang hasil rampokan kepada yang membutuhkan.

Hercules

Bagi masyarakat Indonesia terutama yang tinggal di Jakarta, nama Hercules sudah tidak asing lagi di telinga mereka. Bagaimana tidak, preman yang satu ini dikenal kejam, memiliki banyak pengikut, dan menguasai sejumlah wilayah di Ibu kota Jakarta, dikutip dari hops.id.

Salah satu wilayah yang dikuasai oleh Hercules yaitu Tanah Abang, tempat berkumpulnya orang-orang yang berjualan, di sana terdapat kios dan toko-toko besar yang menjual banyak barang dagangan.

Sementara itu, rumah Hercules terdapat di kompleks Kebon Jeruk, Jakarta Barat. Rumah tersebut dikategorikan mewah karena memiliki empat lantai dengan gaya yang klasik.

Dengan demikian, Hercules merupakan salah satu preman terkaya di Indonesia, karena ia miliki banyak usaha dan mampu membiayai pendidikan anaknya hingga ke luar negeri.

Baca Juga: Intip Profil dan Harta Kekayaan Bakal Calon Wali Kota Kendari Siska Karina Imran

Anton Medan

Nama ketiga ada sosok preman yang berasal dari Kota Melayu Deli, Anton Medan. Pria ini dikenal sebagai seorang perampok dan bandar judi terkenal di Jakarta. Namun, kini ia sudah insyaf dan beralih memeluk ajaran agama Islam.

Bahkan dirinya berganti nama menjadi Muhammad Ramdhani Efendy sejak tahun 1992. Rumah mantan raja preman ini berada di kawasan Cibinong, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Setelah berhenti di dunia premanisme, Anton Medan kini menggeluti dunia bisnis, di antaranya seperti pecel lele dan lapangan futsal.

Itulah deretan preman yang pernah menggemparkan Indonesia dengan tindak kejahatan mereka. Meskipun kini beberapa dari mereka sudah insaf dan berubah, cerita dan sepak terjang mereka tetap diingat oleh masyarakat.  (C)

Penulis: Ahmad Jaelani

Editor: Fitrah Nugraha

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga