Deretan Proyek Gila Putra Mahkota Arab Saudi, Dituding Buat Saingan Kabah

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Selasa, 21 Februari 2023
0 dilihat
Deretan Proyek Gila Putra Mahkota Arab Saudi, Dituding Buat Saingan Kabah
The Mukaab nantinya akan berisi pameran budaya dan wisata, teater imersif, hunian, hotel, ruang kantor, serta atrium. Selain itu, di lokasi tersebut bakal dibangun 80 tempat hiburan dan universitas teknologi dan desain. Foto: Repro Kolase Firstpost.com

" Putra Mahkota Arab Saudi, Pangeran Mohammed bin Salman, membangun proyek 'sinting' di Saudi dari surga alkohol di kota futuristik, Neom, hingga gedung pencakar langit The Mukaab yang disebut mirip 'Ka'bah Baru "

RIYADH, TELISIK.ID - Putra Mahkota Arab Saudi, Pangeran Mohammed bin Salman (MbS) membangun proyek 'sinting' di Saudi dari surga alkohol di kota futuristik, Neom, hingga gedung pencakar langit The Mukaab yang disebut mirip 'Ka'bah Baru.'

Melansir Cnnindonesia.com, MbS meluncurkan proyek gedung itu pada 16 Februari. Gedung ini akan setinggi 400 meter dengan sisi-sisinya sepanjang 400 meter juga, dan berlokasi di Riyadh.

Sejak MbS memimpin Saudi, banyak gebrakan baru di bidang pariwisata, budaya, hingga hiburan sesuai Visi 2030. Dalam visi ini, Kerajaan memang 'mengubah wajah baru Saudi' demi ekonomi.

Arab Saudi dilaporkan akan membangun pusat kota modern terbesar di Ibu Kota Riyadh. Pembangunan proyek awal telah disahkan MbS Kamis akhir pekan lalu. Pusat kota itu merupakan proyek teranyar Perusahaan pengembangan Murabba Baru (NMDC) yang didukung Dana Investasi Publik (PIF) Arab Saudi.

Baca Juga: Mohammed Bin Salman Punya Proyek Gila di Arab, Buat Tempat Judi Hingga Sambut Israel

Proyek yang langsung dipimpin MbS itu terletak di antara jalan Raja Salman dan Raja Khalid di barat laut Riyadh dan ditarget selesai pada tahun 2030. Pembangunan akan dimulai di area seluas 19 km persegi. Proyek ini akan menawarkan lebih dari 25 juta meter persegi luas lantai seperti mengutip dari Saudi Press Agency.

Bangunan terdiri dari 104.000 unit hunian, 9.000 kamar hotel, lebih dari 980.000 meter persegi ruang ritel. Ada pula 1,4 juta meter persegi ruang kantor, 620.000 meter persegi aset rekreasi, serta 1,8 juta meter persegi ruang fasilitas komunitas.

Baca Juga: Deretan Proyek Gila Arab Saudi Sejak Dipimpin Mohammed Bin Salman

Salah satu yang menarik adalah pembangunan The Mukaab. Ini ada bangunan berbentuk kubus setinggi 400 meter, lebar 400 meter, dan panjang 400 meter.

"Pusat kota modern terbesar di dunia. Inilah wajah baru Riyadh," demikian pernyataan soal The Mukaab di situs resmi New Muraba.

Gedung ini nantinya akan berisi pameran budaya dan wisata, teater imersif, hunian, hotel, ruang kantor, serta atrium. Selain itu, di lokasi tersebut bakal dibangun 80 tempat hiburan dan universitas teknologi dan desain. (C)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Haerani Hambali 

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga