Deretan Tanaman Hias Ini Bisa Kurangi Debu di Rumah

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Kamis, 27 Juli 2023
0 dilihat
Deretan Tanaman Hias Ini Bisa Kurangi Debu di Rumah
Anda dapat menanam tanaman ivy di pot gantung untuk membantu meningkatkan kualitas udara di rumah. Foto: Kompas.com

" Selain menambah keindahan dan kecantikan rumah, tanaman hias ternyata bisa membantu turmah Anda dari kotoran atau debu yang menempel di sudut rumah "

KENDARI, TELISIK.ID - Selain menambah keindahan dan kecantikan rumah, tanaman hias ternyata bisa membantu turmah Anda dari kotoran atau debu yang menempel di sudut rumah.

Dikutip dari Kompas.com, ada beberapa tanaman hias yang disukai tidak hanya karena dedaunannya yang menarik tetapi juga kualitas pembersih udaranya. Ini menjadikannya tambahan yang bagus untuk setiap ruangan di rumah.

Media tanaman untuk membersihkan debu telah terbukti secara ilmiah. Menukil laman Hunker, NASA pernah melakukan penelitian terkait tanaman untuk membersihkan debu. Dalam penelitian itu mereka menemukan bahwa tanaman hias ampuh mengurangi debu hingga 20 persen.

Berikut ini beberapa jenis tanaman yang bisa mengurangi tingkat debu di dalam rumah dikutip dari Cnnindonesia.com dan kompas.com:

Baca Juga: Deretan Tanaman Hias Mampu Serap Kelembapan Kamar Mandi

1. Pohon palem kurma

Pohon kurma adalah tanaman yang bisa dijadikan tanaman hias. Tanaman ini juga terbukti sangat efektif dalam menghilangkan debu dari udara.

Perawatan pohon kurma juga tergolong mudah. Pohon ini tak perlu disiram setiap hari. Tapi tetap, pohon ini bekerja lebih baik dalam menyerap partikel seperti debu jika dibandingkan dengan tanaman pemurni lainnya.

2. Ivy

Semua jenis ivy cocok ditanam di rumah untuk mengurangi debu. Ivy juga sangat mudah dirawat dan tumbuh dengan baik di dalam ruangan. Selain menghilangkan debu dalam ruangan, ivy juga efektif menghilangkan formaldehida dan benzena.

3. Tanaman karet atau rubber plant

Tanaman karet sangat efektif dalam menghilangkan polutan di udara karena daunnya yang besar dan berlilin sempurna untuk menjebak partikel debu, tutur Jenkins.

Tanaman ini juga meningkatkan tingkat kelembapan. Kelembapan yang rendah atau udara kering di tempat tinggal Anda dapat menyebabkan lebih banyak debu di permukaan dan di udara.

Baca Juga: Tanaman Hias Dalam Ruangan yang Bisa Ditanam di Air

4. Tanaman ZZ atau ZZ plant

Tanaman ini sangat mudah dirawat dan juga sangat bagus dalam membantu memastikan udara di rumah murni dan bersih karena dapat menyerap banyak polutan udara yang berbahaya,

Tanaman ini memiliki daun kecil, berkilau, dan berlilin. Dedaunan ini sangat bagus untuk menghilangkan dan mengumpulkan debu dan partikel di udara, imbuh dia. Seperti halnya tanaman karet, daun tanaman ZZ harus disemprot air setiap hari untuk menjamin keefektifannya dalam menghilangkan debu.

Peace lily memiliki kemampuan untuk menyerap spora jamur serta polutan lain di udara. Tanaman ini juga dapat menyerap uap aseton yang berbahaya. Uap aseton bisa sangat berbahaya dan dapat menyebabkan bicara tidak jelas, lesu, kurangnya koordinasi, tekanan darah rendah, dan sakit kepala,

Yang terbaik adalah meletakkan tanaman peace lily dalam pot besar di sekitar rumah untuk mendapatkan manfaat maksimal darinya. (C)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga