Deretan Tanaman Hias Mampu Serap Kelembapan Kamar Mandi

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Senin, 17 Juli 2023
0 dilihat
Deretan Tanaman Hias Mampu Serap Kelembapan Kamar Mandi
Tanaman hias lainnya yang bisa menyerap kelembapan di kamar mandi adalah peace lily. Tanaman ini memiliki daun yang mengkilap serta berbunga putih. Foto: Grid.id

" Kamar mandi merupakan salah satu ruangan yang sering lembap. Meski wajar terjadi, kelembapan di kamar mandi bisa menyebabkan jamur serta kerusakan dinding dan langit-langit "

KENDARI, TELISIK.ID - Kamar mandi merupakan salah satu ruangan yang sering lembap. Meski wajar terjadi, kelembapan di kamar mandi bisa menyebabkan jamur serta kerusakan dinding dan langit-langit.

Selain itu, kamar mandi yang lembap juga memicu masalah kesehatan, seperti kulit gatal hingga hidung tersumbat.

Dilansir Kompas.com, Anda dapat menjalankan exhaust fan kamar mandi untuk mengurangi kelembapan, Anda bisa memanfaatkan tanaman hias.

Penelitian telah menunjukkan bahwa menambahkan tanaman ke kamar mandi dapat meningkatkan tingkat energi Anda, dan mengurangi stres. Beberapa tanaman pun dapat menyerap kelembapan di kamar mandi.

Berikut tanaman hias yang mampu menyerap kelembapan di kamar mandi:

Baca Juga: Tanaman Hias Dalam Ruangan yang Bisa Ditanam di Air

1. Lidah buaya 

Dari sengatan matahari hingga mulas, lidah buaya telah mengobati penyakit ringan selama berabad-abad. Lidah buaya dapat bekerja dengan sangat baik di kamar mandi yang lembap asalkan tidak terlalu banyak air.

Namun, tanaman ini membutuhkan cahaya yang terang dan tersaring karena kulit daunnya yang panjang dan berduri tebal akan terbakar di bawah sinar matahari langsung.

2. Sri rejeki

Tanaman hias yang diletakkan di kamar mandi adalah tanaman sri rejeki. Tanaman sri rejeki memiliki daun berwarna hijau dengan corak putih. Tanaman sri rejeki juga bisa menyerap racun-racun di udara.

Enggak hanya itu saja, tanaman ini memiliki khasiat anti bakteri dan mampu menekan perkembangbiakan bakteri dan jamur di kamar mandi.

3. Pakis sarang burung (Asplenium nidus)

Lingkungan alami untuk tanaman pakis sarang burung untuk tumbuh mirip dengan apa yang Anda tawarkan di kamar mandi, yakni cahaya yang disaring, cahaya redup, dan kelembapan tinggi.

Pakis sarang burung berasal dari lingkungan iklim tropis yang lembap. Jika kamar mandi Anda memiliki jendela, maka kondisi ini cocok untuk tanaman pakis sarang burung.

Tanaman ini membutuhkan cahaya yang cukup untuk membuat daunnya bergelombang. Jika cahayanya terlalu rendah, daunnya akan rata. Namun, tetap saja tanaman ini tidak suka terlalu banyak sinar matahari.

4. Pakis Boston (Nephrolepis exaltata)

Tanaman pakis Boston menyukai cahaya, tetapi sinar matahari langsung merusaknya. Dengan daun lebar dan berenda yang menyukai iklim lembap, pakis Boston adalah pilihan yang indah dan mencolok untuk lingkungan kamar mandi.

Baca Juga: Tanaman Hias yang Cocok Ditempatkan di Jendela

Perlu diingat bahwa tanaman ini lebih menyukai cahaya tidak langsung sebelum Anda menggantungnya di dekat jendela kamar mandi.

5. Peace lily

Tanaman hias lainnya yang bisa menyerap kelembapan di kamar mandi adalah peace lily. Tanaman ini memiliki daun yang mengkilap serta berbunga putih.

Tanaman peace lily bisa membawa banyak air dari akar ke daun yang kemudian melepaskan kelembapan kembali ke udara dalam ruangan. Tanaman ini sensitif dengan sinar matahari sehingga cocok jika diletakkan di kamar mandi

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga