Desa Sombu, Paket Lengkap Wisata di Wakatobi

Ahmad Badaruddin, telisik indonesia
Kamis, 29 Juni 2023
0 dilihat
Desa Sombu, Paket Lengkap Wisata di Wakatobi
Desa Wisata Sombu, Wangi-Wangi yang menawarkan pake lengkap keindahan alam mulai dari pantai hingga bawah laut. Foto: Ig/pak_sari_sombu

" Kabupaten Wakatobi sekali lagi menetapkan dirinya sebagai salah satu daerah wisata terbaik di Sulawesi Tenggara dengan berbagai pilihan tempat wisata, salah satunya adalah Desa Wisata Sombu "

WAKATOBI, TELISIK.ID - Kabupaten Wakatobi sekali lagi menetapkan dirinya sebagai salah satu daerah wisata terbaik di Sulawesi Tenggara dengan berbagai pilihan tempat wisata, salah satunya adalah Desa Wisata Sombu.

Desa Wisata Sombu terletak di Kecamatan Wangi-Wangi, Wakatobi, Sulawesi Tenggara. Paket wisata yang ditawarkan oleh desa wisata ini terbilang cukup lengkap, mulai dari kuliner, tradisi, puncak, gua, pantai, hingga keindahan bawah laut yang cukup Indah.

Salah satu destinasi wisata yang terkenal adalah wisata Pantai Wambuliga. Keindahan yang ditawarkan pantai ini mulai dari pasir putihnya, dermaga yang dapat dijadikan tempat untuk melompat, hingga keindahan sunset pada sore hari yang membuat wisatawan dapat berlama-lama di pantai yang satu ini.

Baca Juga: Keindahan View Desa Wisata Labengki, Layaknya Surga Mini Raja Ampat di Sulawesi

Selain itu, pantai ini terkadang menampilkan tradisi khusus berupa tari Hesurabi. Tari Hesurabi sendiri merupakan tarian yang menggambarkan tradisi menyuluh pasir atau karang bagi masyarakat Wakatobi. Tradisi unik ini merupakan kebiasaan turun-temurun yang masih dipertahankan sampai saat ini. Sedangkan untuk tari Hesurabi sendiri biasanya ditampilkan untuk menyambut tokoh-tokoh masyarakat atau untuk menyemarakkan acara khusus.

Keindahan bawah laut Desa Wisata Sombu yang dihiasi oleh terumbu karang dan aneka biota laut. Foto: Ig/@pak_sari_sombu

 

 

Agus Sugiarto, salah satu pengunjung pantai ini mengaku kepada Telisik.id, pantai ini juga bagus untuk dijadikan tempat berkemah bersama teman-teman.

"Pantainya juga bagus untuk dipakai berkemah sama teman-teman, kalau malam cerah, kita bisa menikmati bintang," paparnya via Whatsapp.

Selain keindahan pantai Wambuliga, desa wisata ini juga menawarkan paket diving, untuk melihat surga bawah laut khas Wakatobi. Paket diving sendiri dibanderol seharga Rp 750.000 sekali diving dengan durasi maksimal 3 Jam, sebagai mana yang diutarakan oleh Sariono, Ketua Forum Pesisir Wakabibika yang mengelola desa wisata ini.

Pantai pasir putih Wambuliga, salah satu spot wisata di Desa Wisata Sombu. Foto: Celebes.co

 

"Kami menawarkan paket lengkap untuk menikmati keindahan bawah laut, harga yang ditawarkan itu Rp 750.000 selama tiga jam, kami juga sediakan foto di bawah laut," jelasnya.

Baca Juga: Hutan Pinus Desa Wisata Limbo Wasamparona Baubau Sajikan Beragam

Selain diving, desa wisata ini juga menawarkan trip dolphin atau berwisata melihat lumba-lumba. Untuk paket wisata ini sendiri dibanderol dengan harga Rp 500.000 selama 3 jam.

"Kami juga menawarkan trip lihat lumba-lumba yang kami sediakan kapal untuk antar jemput," tutur Hayati, pengelola komunikasi dan informasi Desa Wisata Sombu.

Buat anda yang tertarik mengunjungi Desa Wisata ini, lokasinya tidak terlalu jauh dari Bandar Udara Matahora. Kurang lebih hanya 23 menit atau 17 Km jauhnya. Anda dapat menggunakan kendaraan roda dua atau juga bisa menggunakan kendaraan roda empat. Sedang rute tercepat dari Bandar Udara Matahora dapat melalui Jalan Ir Soekarno dan Jalan Dr Soetomo. (A-Adv)

Penulis: Ahmad Badaruddin 

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga