Desa Wangkolabu Muna Keciprat Bantuan Bank Dunia Rp 10 Miliar

Sunaryo, telisik indonesia
Sabtu, 14 Oktober 2023
0 dilihat
Desa Wangkolabu Muna Keciprat Bantuan Bank Dunia Rp 10 Miliar
Kadis PMD Muna, Fajaruddin Wunanto menyampaikan, Desa Wangkolabu mendapat kucuran dana Rp 10 miliar dari Bank Dunia untuk penyambungan listrik tenaga surya (PLTS). Foto: Sunaryo/Telisik

" Desa Wangkolabu, Kecamatan Towea, merupakan satu dari 124 desa di Kabupaten Muna yang mendapat bantuan dana dari Bank Dunia tahun ini "

MUNA, TELISIK.ID - Desa Wangkolabu, Kecamatan Towea, merupakan satu dari 124 desa di Kabupaten Muna yang mendapat bantuan dana dari Bank Dunia tahun ini. Tak tanggung-tanggung, dana yang dikucurkan sebesar Rp 10 miliar. Dana tersebut digunakan untuk penyambungan listrik tenaga surya (PLTS).

Kadis Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Muna, Fajaruddin Wunanto menerangkan, Desa Wangkolabu mendapat bantuan itu, berawal dari usulan yang dilakukan lembaga yang menanangi PLTS dengan pertimbangan, keterisolasian dan dipredisi akan sulit masuk jaringan listrik.

"Desa Wangkolabu ini di kepulauan, jadi memang agak sulit untuk masuk jaringan listik. PLTS menjadi solusinya," kata Fajaruddin, Sabtu (14/10/2023).

Baca Juga: Kelompok Perikanan di Muna Barat Keciprat Bantuan Hibah

Baca Juga: Puluhan Siswa SMP di Kendari Keciprat Bantuan Seragam Sekolah

Sementara itu, Pendamping Lembaga Pengelola PLTS, Sakranil Arfah menerangkan, PLTS yang dibangun untuk penyambungan seluruh rumah warga, fasilitas umum dan pelaku UMKM. Kini, pembangunan sudah hampir rampung.

"Meteran untuk sambungan rumah sudah terpasang semua," tandasnya. (B)

Penulis: Sunaryo

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga